Scroll Untuk Membaca

Otomotif

Rangka Yamaha G-Ultima Sanggup Angkat Beban 5 Ton

Rangka Yamaha G-Ultima Sanggup Angkat Beban 5 Ton
Kecil Besar
14px

Demo pembuktian rangka Yamaha G-Ultima Sanggup Angkat Beban 5 Ton di Medan, Rabu (30/4). Waspada/Armansyah Th

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Rangka Yamaha G-Ultima Sanggup Angkat Beban 5 Ton

IKLAN

MEDAN (Waspada): Pabrikan Yamaha kembali membuktikan keunggulan produknya. Dalam sebuah demonstrasi yang disaksikan langsung oleh para jurnalis dan masyarakat umum, rangka motor Yamaha G-Ultima sukses mengangkat forklift seberat 5 ton tanpa mengalami kerusakan.

Acara yang digelar Rabu (30/4), di tanah kosong kawasan Simpang Empat Glugur, Jalan Yos Sudarso, Medan ini untuk menunjukkan kekuatan dan ketahanan rangka motor Yamaha, yang selama ini dikenal menggunakan teknologi canggih dalam pengembangan produknya.

Tes angkat beban 5 ton ini merupakan acara pembuktian kekuatan rangka sebagai struktur utama merupakan tolak ukur dalam menilai kualitas dari kendaraan.

Untuk standar keselamatan tertinggi, persiapan yang dilakukan tentu saja tidak main-main, dari perhitungan kekuatan tali dan cara mengikatnya hingga crane yang digunakan untuk mengangkat.

Para jurnalis yang hadir tampak antusias menyaksikan proses pengujian tersebut. Beberapa dari mereka bahkan mengabadikan momen ketika beban 5 ton diangkat menggunakan rangka G-Ultima, membuktikan bahwa klaim ketahanan bukan sekadar janji di atas kertas.

Demonstrasi ini sekaligus mempertegas reputasi G-Ultima sebagai produsen sepeda motor yang mengutamakan inovasi, kualitas, dan keselamatan pengguna. Dengan pembuktian ini, Yamaha berharap bisa semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produknya.

Usai mengangkat beban 5 ton, kemudian dilakukan pengecekan lebih dalam oleh tim PT Alfa Scorpii Yamaha Medan bersama rekan-rekan media. Hasil pengecekan lebih lanjut membuktikan bahwa tidak ada kerusakan sama sekali pada rangka, hasil tes ini pun dibahas dengan seru di sesi tanya jawab dengan rekan-rekan media.

“Ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus menghadirkan motor yang tidak hanya nyaman dikendarai, tetapi juga memiliki standar kekuatan dan keamanan tertinggi,” ujar Joni Lie, GM Marketing PT Alfa Scorpii dalam sesi konferensi pers.

Joni Lie menyebutkan, rangka yang berkualitas tinggi tersebut disematkan pada produk terbaru Yamaha G-Ultima diluncurkan awal Maret 2025 lalu secara nasional. Yamaha G-Ultima menggunakan frame baru bertipe underbone yang punya ketebalan pipa 2,3 mm.
Rangka ini dibekali dengan sistem drainase (saluran pembuangan air) yang baik. Sehingga dapat mengurangi adanya karat pada tulangan motor tersebut.

Selain ketangguhannya, frame ini juga membuat berkendara terasa lebih rigid dan ringan khususnya ketika bermanuver serta berkendara juga lebih nyaman karena tingkat getarannya jadi lebih rendah.

Di sisi lain, penggunaan rangka tersebut membuat volume tangki bensinnya bertambah menjadi 5,1 liter. Bahkan kapasitas bagasinya naik jauh dari 10,1 liter menjadi 18,6 liter.
“Untuk menjamin kualitas rangkanya, Yamaha memberikan garansi kepada para konsumen G-Ultima selama 5 tahun atau maksimal 50.000 km,” ujar Joni Lie.

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, Yamaha juga memberikan gratis servis selama 3 tahun untuk jasa servis, penggantian oli mesin dan transmisi, serta spare part tertentu untuk konsumen yang melakukan pembelian G-Ultima periode Maret hingga September 2025.

Secara desain, Yamaha Indonesia sengaja membenamkan unsur ketangguhan dalam rancang bangunnya secara keseluruhan. Hal ini berkat digunakannya frame baru model turbular. Penggunaan struktur rangka yang kokoh dan solid ini dikenal dengan durabilitas tinggi, handling stabil, dan mampu meminimalisir getaran dengan sempurna.
Dengan begitu berkendara semakin nyaman baik untuk mobilitas harian maupun untuk perjalanan jarak jauh sekalipun. Dari sisi kepraktisan, G-Ultima 125 Hybrid dilengkapi bagasi 18,6 liter.

Ruang kaki yang didesain lebih lega dan dilengkapi dengan gantungan ganda memberikan keleluasaan kepada para pengendara untuk membawa barang bawaan.
Jok juga dirancang lebih luas dan lega sehingga nyaman untuk berboncengan. Plus disediakan pijakan kaki khusus untuk anak-anak.

Komponen handle belakang kini multifungsi karena bisa untuk menempatkan box tambahan atau tas, berkat desainnya yang rata dan kokoh. Terdapat juga dua kait gantungan barang dan dua konsol di bawah setang.

Sementara sektor kaki-kaki kini tidak lagi menggunakan pelek berdiameter 14 inci, diganti menjadi 12 inci berdesain palang enam mirip yang dipasangkan pada Fazzio.

Yamaha G-Ultima mengusung mesin baru berteknologi Blue Core Hybrid, dipadukan dengan mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dengan injeksi bahan bakar. Berbekal diameter piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm membuat kubikasi mesinnya mencapai 124,86 cc, persis yang dibenamkan pada mesin Fazzio.

Output tenaga yang dihasilkan mencapai 8,4 PS di 6.500 rpm serta torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm. Dilengkapi Hybrid Power Assist membantu akselerasi awal di 3 detik pertama. Efisiensi bahan bakar semakin optimal berkat adanya teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat starter motor menjadi lebih halus dan minim getaran.

Termasuk fitur Start & Stop System untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor berhenti. Tangki bahan bakar diperbesar menjadi 5,1 liter dari yang sebelumnya 4,2 liter.

Didukung pula fitur Answer Back System, memudahkan pengguna mencari motor saat parkir. Untuk mendukung pengisian daya smartphone, dilengkapi dengan Electric Power Socket.

Yamaha G-Ultima saat ini tersedia dalam dua varian, yakni Hybrid seharga Rp 22,1 juta, dan Hybrid S di harga Rp 24 juta on the road Medan. (m23)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE