150 Peserta Ikuti PD-PKPNU Angkatan I Di IAIN Langsa

  • Bagikan
150 Peserta Ikuti PD-PKPNU Angkatan I Di IAIN Langsa
Peserta Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Pergerakan Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) Angkatan I di kampus Institut Agama Islam Negeri Langsa, Selasa (26/12). Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Sebanyak 150 peserta mengikuti Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Pergerakan Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) Angkatan I di kampus Institut Agama Islam Negeri Langsa.

Ketua Panitia PD-PKPNU ke I Muttaqin, S.T., M.Cs kepada wartawan, Selasa (26/12) menyebutkan, sebanyak 150 peserta yang telah aktif mengikuti kegiatan kaderisasi ini. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 147 peserta laki-laki dan 3 peserta perempuan, peserta berasal dari beberapa kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh.

Tidak hanya dari Aceh, terdapat juga peserta dari Medan (Sumatera Utara) PCNU Kabanjahe, Brastagi Kabupaten Karo.

“Selain itu hadir juga utusan dari PCNU Aceh Besar, MWC Aceh besar, Aceh singkil, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Pidie Jaya, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Barat, Samalanga Bireun, Peserta tidak hanya dari pengurus NU akan tetapi ada juga dari Lembaga-lembaga dan banom-banom NU,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA yang juga merupakan sekretaris Nahlatul Ulama Kota Langsa mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya penguatan Identitas Keislaman.

“PD -PKPNU bertujuan untuk memperkuat identitas keislaman peserta agar mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam, khususnya dalam konteks Ahlussunnah wal Jamaah,” ujarnya.

Selain itu, sambung Prof. Fahmi, sebagai pengembangan kepemimpinan, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan peserta, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam masyarakat dan organisasi keagamaan.

Lanjutnya, pemberdayaan masyarakat, PD – PKPNU dapat memberdayakan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta yang nantinya dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga, untuk pemahaman Keberagaman, peserta diharapkan dapat memahami dan menghargai keberagaman dalam masyarakat, serta mampu berkontribusi positif dalam menciptakan toleransi antarumat beragama.

Peningkatan kualitas pendidikan agama. Program ini juga fokus pada peningkatan kualitas pendidikan agama, baik di tingkat formal maupun informal, untuk menghasilkan kader yang mampu memberikan kontribusi positif dalam penyebaran nilai-nilai Islam.

Terakhir, katanya, sebagai Perkembangan Organisasi Nahdlatul Ulama (NU). PD – PKPNU merupakan upaya untuk mengembangkan dan memperkuat organisasi Nahdlatul Ulama, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, dengan mempersiapkan kader-kader yang berkualitas dan berkomitmen.

“Dengan demikian, PD – PKPNU memiliki tujuan-tujuan tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman keislaman, kepemimpinan, dan kontribusi positif peserta dalam masyarakat,” tandas rektor.(b13)

  • Bagikan