17 DPK BKPRMI Dilantik, Simak Pesan Sekum DPD

- Aceh
  • Bagikan
17 DPK BKPRMI Dilantik, Simak Pesan Sekum DPD
PELANTIKAN: Wakil Ketua Umum II DPD BKPRMI Aceh Timur, Tgk Ridwan Idy, melantik DPK BKPRMI Indra Makmu di Masjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah, Indra Makmu, Aceh Timur, Minggu (31/3) malam. Waspada/H. Muhammad Ishak

IDI (Waspada): Sejak dilantik, Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Aceh Timur telah melantik 17 dari 24 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) BKPRMI dalam wilayahnya. Prosesi pengukuhan dan pelantikan dipusatkan di masjid besar dalam setiap kecamatan dan di depan unsur muspika.

Adapun ke 17 DPK BKPRMI yang telah dilantik sejak DPD BKPRMI Aceh Timur dikukuhkan itu adalah DPK BKPRMI Simpang Jernih, Serbajadi, Peunaron, Ranto Peureulak, Birem Bayeun, Peureulak Timur, Peureulak Barat, Idi Timur, Peudawa, Idi Rayeuk, Idi Tunong, Darul Ihsan, Darul Aman, Nurussalam, Pante Bidari, Madat dan Indra Makmu.

Pelantikan DPK BKPRMI Indra Makmu diselenggarakan di Masjid Baitul Hidayah, Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmur, Aceh Timur, Minggu (31/3) malam. Prosesi pelantikan dan pengucapan ikrar dipimpin Ketua Umum DPD BKPRMI Aceh Timur, Tgk M Isa, diwakili Wakil Ketua Umum II Tgk Ridwan Idy. Sedangkan nama-nama pengurus yang dilantik dibacakan Wasekum II DPD BKPRMI Aceh Timur, Yanwar Fakhri, SH, didampingi Wasekum III Ismuhadi.

Sekretaris Umum DPD BKPRMI Aceh Timur, H. Muhammad Ishak, S.Pd.I, MA, dalam sambutannya memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab BKPRMI terhadap pengurus DPK BKPRMI Indra Makmu. “Tugas DPK BKPRMI adalah membentuk dan melantik pengurus BKPRMI di tingkat desa atau DPDes BKPRMI di seluruh desa,” terangnya.

Selain itu, pengurus BKPRMI Indra Makmu juga harus mendata dan memberikan Nomor Unit untuk Taman Pendidikan Alquran (TPA) sekaligus mensosialisasi kurikulum TPA BKPRMI ke TPA-TPA dalam wilayahnya. “Kemudian pengurus segera membangun komunikasi dengan seluruh pengurus masjid dan remaja masjid se Indra Makmu serta melakukan koordinasi dengan unsur muspika serta pemuka agama,” tambah alumni Dayah Darussa’adah Idi Cut ini.

Dia juga menyarankan agar DPK BKPRMI Indra Makmu segera menetapkan kantor sekretariat sebagai sentral dalam bermusyawarah untuk setiap kegiatan. “Di awal sebaiknya sekretariat di masjid ini, sehingga semangat pemuda dalam memakmurkan semakin terlihat,” katanya sembari menambahkan kegiatan BKPRMI bertujuan untuk menyebarkan dakwah dan menggerakkan generasi Islam untuk memakmurkan masjid.

17 DPK BKPRMI Dilantik, Simak Pesan Sekum DPD

Salah satu program unggulan BKPRMI adalah Festival Anak Saleh Indonesia (FASI). Tujuan kegiatan para santri TPA ini untuk meningkatkan pemahaman agama terhadap santri dengan harapan menghasilkan generasi qur’aan. “Perlu dipahami lagi bahwa FASI ini adalah cikal bakalnya MTQ. Jika santri tidak dibina sejak dini, maka mustahil akan menghasilkan peserta MTQ yang handal di masa yang akan datang,” timpa H Muhammad Ishak.

Ketua DPK BKPRMI Indra Makmur, Romi Syahputra, SH, MH, menyampaikan rasa terima kasih dan syukur atas dilantiknya pengurus DPK BKPRMI Indra Makmu. Pihaknya yakin bahwa pengurus yang mayoritas terdiri dari anak-anak muda akan membawa dakwah Islam dan bendera BKPRMI ke seluruh pelosok Indra Makmur.

“Komposisi pengurus DPK BKPRMI Indra Makmu ini kami nilai sudah lengkap, karena didalamnya ada santri dayah, mahasiswa dan pelajar SMA sederajat serta pemuda yang ada dalam sejumlah kecamatan di Indra Makmu. Kami berharap dukungan moral dari DPD BKPRMI, sehingga kami mampu mengibarkan panji BKPRMI ke seluruh desa dalam wilayah ini,” kata Romi.

Mengawali kegiatan, dia mengaku akan menggelar Festival Takbir se-Indra Makmu. Kegiatan itu dilaksanakan saat perayaan malam Idul Fitri 1445 hijriyah yang dipusatkan di Masjid Baitul Hidayah. “Setelah Festival Takbiran, kita juga akan duduk bermusyawarah dengan kepala desa terkait rencana FASI di Indra Makmu. Namun kami berharap dalam pelaksanaan FASI ini nanti harus dibimbing LPPTKA DPD BKPRMI,” ujar Romi di depan unsur muspika yang hadir. (b11)

  • Bagikan