555 Prajurit Satgas Yonif 116/GS Dikirim Ke Papua

- Aceh
  • Bagikan
555 Prajurit Satgas Yonif 116/GS Dikirim Ke Papua
Saat pelepasan prajurit Satgas Yonif 116/GS oleh Danrem 012 Teuku Umar di lapangan Mayonif 11/GS Desa Ujong Tanoh Darat Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, Minggu (10/12).(Waspada/Muji Burrahman)

ACEH BARAT (Waspada): Danrem 012/TU mengirim dan menugaskan 555 Prajurit Satgas Yonif 116/GS, Minggu (10/12).

“Ini suatu kehormatan bagi prajurit TNI di manapun dan kapanpun berada Satgas Yonif 116/GS nantinya akan melaksanakan tugasnya di  Pam Obvitnas PT Freeport di Papua,” kata  Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan dalam upacara pelepasan di lapangan Mayonif 11/GS Desa Ujong Tanoh Darat Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bendera perang sebagai tanda pelepasan 555 prajurit terpilih dalam Satgas Pam Obvitnas PT Freeport Indonesia.

Danrem menekankan pentingnya kesiapan prajurit dalam menerima penugasan di mana pun dan kapan pun. “Penugasan dalam dunia militer merupakan hal biasa yang dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman, menjadikan prajurit lebih profesional dan cakap dalam bertugas,” tegasnya.

Penugasan Pam Obvitnas PT Freeport Indonesia  kebanggaan dan kehormatan. “Saya selaku Danrem 012/Teuku Umar dan keluarga besar Korem 02/Teuku Umar mengucapkan selamat kepada prajurit Yonif 116/Garda Samudra yang dipercayakan oleh pimpinan TNI, Bangsa, dan Negara untuk melaksanakan tugas ini,” ucap Danrem.

Danrem juga berpesan agar prajurit melaksanakan tugas sesuai prosedur tetap, menjaga kesehatan, memahami dan menguasai wilayah penugasan, serta menjaga hubungan baik dengan masyarakat setempat. Ia mengajak prajurit untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah dalam setiap langkah dan perbuatan.

Danrem menjelaskan, Satgas Pam Obvitnas PT Freeport Indonesia, terdiri 555 personnel, dipimpin oleh Danyonif 116/GS Mayor Inf Novi Widiyanto sebagai Dansatgas. Mereka akan melaksanakan tugas negara selama 9 bulan di Papua. Setelah upacara pelepasan, direncanakan pergeseran pasukan menuju Banda Aceh untuk pelepasan oleh Panglima TNI pada 12 Desember 2023.

“Sebelum pelepasan, satuan ini menjalani berbagai tahapan dari tes kesehatan, psikologi hingga latihan pratugas di daerah latihan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Dan terakhir dilakukan pemeriksaan kesiapan operasi (riksiapops) oleh pejabat utama Mabes TNI, Mabes AD, dan Kodam IM,” jelas Kolonel Inf Deni Gunawan.

Hadir dalam acara itu, Pj Bupati Aceh Barat, Sekda Nagan Raya, unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Jaya, serta para Dansat dan Kabalak jajaran Korem 012/TU, Ketua Persit Koorcabrem 012 beserta pengurus, dan keluarga prajurit

Usai upacara, Danrem 012/TU bersama pejabat dan tamu undangan berjabat tangan dengan prajurit Satgas Yonif 116/GS, memberikan ucapan selamat bertugas.(b22)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *