922 KPM Pulo Aceh Terima Bantuan Beras Cadangan Pangan

- Aceh
  • Bagikan
922 KPM Pulo Aceh Terima Bantuan Beras Cadangan Pangan
Pegawai Kecamatan Pulo Aceh sedang membantu penyaluran bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II tahun 2024 kepada KPM Pulo Aceh, Aceh Besar, Minggu (10/3). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Sebanyak 922 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berada di Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar, menerima bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II tahun 2024, yang disalurkan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar bersama PT Pos Indonesia dan Bulog di Pulo Aceh, Minggu (10/3).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pangan, Alyadi, S,Pi, MM mengatakan, untuk jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II tahun 2024 langsung diserahkan oleh petugas Kantor Pos kepada KPM di Kecamatan Pulo Aceh.

“Jadi, 922 KPM terbagi dua yaitu untuk Pulau Nasi sebanyak 314 KPM dan Pulau Breuh berjumlah 608 KPM sedangkan gampong atau desa di Kecamatan Pulo Aceh sebanyak 17 Gampong,” katanya.

922 KPM Pulo Aceh Terima Bantuan Beras Cadangan Pangan
Kepala PT Pos Kecamatan Peukan Bada Subhan sedang menyerahkan bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II tahun 2024 kepada KPM Pulo Aceh, Aceh Besar, Minggu (10/3). (Waspada/Ist)

Alyadi menjelaskan, atas arahan Pj Bupati Aceh Besar penyaluran beras bantuan pemerintah untuk wilayah Kecamatan Pulo Aceh ada sedikit berbeda dengan kecamatan lain yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Khusus untuk Pulo Aceh, sebelum penyaluran dilakukan, Pemkab Aceh Besar sudah terlebih dahulu menyurati Pimpinan Bulog Wilayah Aceh dan EGM PT. Pos Indonesia supaya penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bulan Februari dan Maret dapat disalurkan secara kolektif, dengan mempertimbangkan kondisi cuaca, letak geografis dan biaya penyaluran ke Kecamatan Pulo Aceh,” ungkap Alyadi.

Kemudian, keinginan Pemkab Aceh Besar untuk penyaluran bantuan beras cadangan pangan kepada KPM Pulo Aceh supaya bisa disalurkan secara kolektif untuk bulan Februari dan Maret. Maka untuk itu dengan pertimbangan cuaca Pimpinan Bulog dan PT POS Indonesia menerima permintaan Pemkab Aceh Besar.

922 KPM Pulo Aceh Terima Bantuan Beras Cadangan Pangan
Masyarakat penerima atau KPM Pulo Aceh antre untuk mendapatkan bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II tahun 2024, Minggu (10/3). (Waspada/Ist)

“Jadi, KPM Pulo Aceh bisa langsung menerima bantuan beras sebanyak 20 Kg untuk Februari dan Maret, bantuan ini yang sebenarnya harus disalurkan perbulan sekali selama 3 bulan, mengingat jarak tempuh, cuaca dan biaya. Maka kami minta secara kolektif kepada Bulog, sehingga mereka tidak harus menunggu seperti wilayah lain,” sebut Alyadi.

Ia menambahkan, penyaluran bantuan pangan pemerintah tahap II tahun 2024, sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu, khususnya di Kecamatan Pulo Aceh. “Kita harus bersyukur, karena bantuan ini untuk membantu masyarakat yang sedang menghadapi inflasi dan kenaikan harga beras, apalagi dua hari lagi akan menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah,” ungkapnya.

Seperti diketahui karena tidak ada kapal sewa untuk nembawa beras, maka pihak PT Pos mengirimkan beras ke Pulo Aceh dengan kapal reguler kemarin, pegawai pos menginap. Sehingga pegawai pos dan petugas penyaluran beras CPP itu harus menginap di Pulo Aceh, dan esok harinya baru kembali kedaratan. (b05)

  • Bagikan