Ambulans Bawa Sabu, Tiga Pria Diamankan Polres Langsa

  • Bagikan
Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, SIK, SH didampingi Waka Polres Langsa, Kompol Dheny Firmandika, S.AB. SIK, Kasat Resnarkoba Polres Langsa, AKP Mulyadi, SH.MH saat memberikan keterangan pers penangkapan sabu menggunakan mobil ambulance di Mapolres Langsa, Jumat (9/3). Waspada/dede
Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, SIK, SH didampingi Waka Polres Langsa, Kompol Dheny Firmandika, S.AB. SIK, Kasat Resnarkoba Polres Langsa, AKP Mulyadi, SH.MH saat memberikan keterangan pers penangkapan sabu menggunakan mobil ambulance di Mapolres Langsa, Jumat (9/3). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Hendak transaksi sabu menggunakan mobil ambulance milik Puskemas Lhoksukon, tiga pria diamankan Sat Resnarkoba Polres Langsa dengan barang bukti sabu seberat 1.061 gram di pekarangan masjid di Desa Blang Paoh Sa Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (8/2) sore.

Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, SIK, SH didampingi Waka Polres Langsa, Kompol Dheny Firmandika, S.AB. SIK, Kasat Resnarkoba Polres Langsa, AKP Mulyadi, SH.MH mengatakan, ketiga tersangka, AM, 29, wiraswasta, warga Dusun Seuleumak Muda Desa Buket Dindeng, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, IS, 33, petani, warga Dusun Tengku Bintang Desa Buket Panjou, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, dan MU, 36, wiraswasta, warga Dusun Keupula Desa Julok Tunong, Kecamatam Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Ambulans Bawa Sabu, Tiga Pria Diamankan Polres Langsa

“Ketiga para pelaku ditangkap, Rabu, 7 Februari 2024 sekira pukul 20:30 yang diduga sebagai pengedar antar lintas kota/kabupaten untuk selanjutnya akan diedarkan di wilayah Kota Langsa,” sebutnya.

Barang bukti yang diamankan sat paket besar sabu seberat 1.061 gram HP, sepedamotor Honda Scoopy No Pol BL 3502 DBI, sepedamotor Honda Beat No Pol BL 4802 DBC, mobil Daihatsu Ayla No Pol BK 1387 AOZ, mobil Toyota Avanza warna hitam, No Pol BL 1105 DE dan mobil Toyota Kijang Innova No Pol BL 1025 KK (ambulans).

Kronologis kejadian, sebut Kapolres, berdasarkan informasi dari masyarakat tentang banyaknya peredaran narkotika jenis sabu di wilayah Kota Langsa yang dilakukan oleh seorang laki-laki yang berasal dari Kabupaten Aceh Timur.

Kemudian oleh anggota Unit Opsnal Sat Resnarkoba Polres Langsa yang dipimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba AKP Mulyadi, S.H., M.H melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait informasi tersebut.

Setelah didapatkan informasi lebih lanjut dari masyarakat bahwa yang bersangkutan menjemput narkotika jenis sabu dari Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur untuk diedarkan di daerah Kota Langsa, sehingga Kasat Resnarkoba dan Unit Opsnal langsung menuju ke daerah yang dimaksud dan melakukan pencarian terhadap orang yang dilaporkan tersebut.

Saat dilakukan penggerebekan di perkarangan Masjid Julok terlihat ada dua orang laki-laki yang diduga sebagai target operasi yang berhasil di amankan AM dan IS. Saat dilakukan penggeledahan di bawah jok sepedamotor Honda Scoopy milik AM ditemukan brang-bukti berupa satu paket besar sabu tersebut.

Setelah dilakukan interogasi terhadap keduanya, selanjutnya Kasat Resnarkoba dan Tim melakukan pengembangan dan sekira pukul 22:00 bertempat di terminal Idi Desa Aceh, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur berhasil dilakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki MU yang diduga terkait dalam transaksi jual beli narkotika jenis sabu tersebut.

Kemudian dilakukan pengembangan kembali ke Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara untuk mencari keberadaan laki-laki berinisial TR (DPO) yang diduga telah menyerahkan / menjual sabu tersebut.

Namun terhadap TR (DPO) masih belum berhasil ditemukan dan selanjutnya bertempat di Puskesmas Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara diamankan satu unit mobil merk Toyota Kijang Innova warna putih, No Pol BL 1025 KK (ambulans) yang diduga digunakan oleh TR (DPO) sebagai sarana transportasi dalam melakukan transaksi jual beli narkotika jenis sabu tersebut.

Adapun peran dari ketiga orang rersangka tersebut diduga sebagai perantara/kurir dalam transaksi jual beli narkotika jenis Sabu dari wilayah Kabupaten Aceh Timur untuk selanjutnya akan diedarkan di wilayah Kota Langsa.

“Selanjutnya ketiga orang Tersangka dan Barang-bukti dibawa ke Mapolres Langsa guna proses penyidikan lebih lanjut. Sedangkan TR (DPO) masih dalam proses Penyelidikan Sat Resnarkoba Polres Langsa,” tandasnya.

Ambulans Bawa Sabu, Tiga Pria Diamankan Polres Langsa

“Pada kesempatan ini kami ingin sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwasanya Polres Langsa sangat berkomitmen di dalam menanggulangi dan memberantas segala bentuk tindak pidana narkoba, termasuk siapa saja yang terlibat terhadap penyalahgunaan narkoba. “Jika ada dari anggota Polri sekalipun yang terlibat di dalam penyalahgunaan narkoba,” sebutnya.

Menurutnya, bahaya narkoba ini dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk akan merusak generasi muda sekaligus merupakan implementasi dari pada kebijakan bapak Presiden dan pimpinan Polri khususnya bapak Kapolda Aceh dalam kebijakan untuk memberantas peredaran gelap narkoba di wilayah Aceh yang tercantum dalam Comander Wish Kapolda Aceh Poin ke 5.

Kapolres Langsa berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bekerja sama dan berperan aktif dalam pemberantasan bahaya narkoba, dan salah satu program yang telah dicanangkan oleh Polda Aceh telah dibentuk Kampung Bebas Narkoba (KBN). (b13)

  • Bagikan