SUBULUSSALAM (Waspada.id): Untuk memastikan sistem pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Pencapil), anggota DPRK Subulussalam kunjungi kantor itu, Selasa (2/9).
Dikonfirmasi melalui pesan WA-nya, Politisi Partai Aceh, Ardhiyanto Ujung atau populer Toto Ujung (foto), menyebutkan jika kunjungan itu untuk melihat langsung proses pelayanan dinas itu kepada masyarakat. Selain itu juga memastikan pelayanan berjalan baik dan sesuai standar yang telah ditetapkan.
Dalam kunjungan yang diiterima Plt. Kepala Disduk Pencapil, Alimsyah dan sejumlah pegawai terkait, turut dibahas berbagai aspek, salah satunya yang sempat viral di media sosial tentang kerusakan alat cetak KTP yang dikeluhkan warga (baca: Waspada.id, ‘Mesin Rusak, Cetak KTP Terkendala’, 1 September 2025)
“Alhamdulillah, pelayanan Dukcapil sudah normal kembali saat kami turun,” pesan WA Ardhiyanto Ujung, Rabu (3/9).
Dikatakan, sebagai wakil rakyat, dirinya ingin memastikan jika pelayanan publik di kota ini berjalan baik dan transparan.
Kunjungan inipun diharapkan dapat memperkuat sinergi antara DPRK dengan Disduk Pencapil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan masyarakat dapat menikmati pelayanan yang alebih baik dan efisien.
Dari kunjungan itu juga dapat diidentifikasi permasalahan internal Disduk Pencapil hingga perbaikan demi peningkatan kualitas pelayanan.
“Kami akan terus bekerja sama dengan, memastikan pelayanan publik di Kota Subulussalam berjalan maksimal,” pesan Toto.
Terpisah, Alimsyah mengakui sangat mengapresiasi kunjungan itu. Selain dijelaskan penyebab gangguan pelayanan dan upaya perbaikan, dipastikan sejumlah perangkat yang dimiliki saat ini stok lama sehingga perlu penggantian.
“Dengan kunjungan langsung anggota DPRK, pastinya semua perangkat, fasilitas kantor atau lainnya sudah terakomodir, dan ke depan kita sangat berharap ada perbaikan dan peningkatan,” yakin Alim, Kamis (4/9). (id90)