Arak-arakan Penyambutan Piala Adipura Berlangsung Meriah

- Aceh
  • Bagikan
Arak-arakan Penyambutan Piala Adipura Berlangsung Meriah
Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, didampingi Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli saat membawa piala Adipura yang baru diraih Kota Banda Aceh. (Waspada/Zafrullah)

BANDA ACEH (Waspada): Masyarakat Kota Banda Aceh menyambut dengan antusias kedatangan Piala Adipura XI ke Bumi Kuta Raja.

Kedatangan piala bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia ini dirayakan dengan penuh kebanggaan oleh warga kota sebagai penghargaan atas upaya dalam menjaga lingkungan hidup, kebersihan, dan pengelolaan sampah.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK3), Hamdani Basyah, membawa pulang Piala Adipura ke Banda Aceh. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Forkopimda di Bandara SIM dengan pengalungan bunga.

Tampak hadir dalam acara penyambutan tersebut Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, serta unsur pimpinan daerah lainnya.

Piala bergengsi itu mulai diarak menuju Balai Kota Banda Aceh dengan menggunakan mobil bak terbuka bersama ‘Pasukan Orange’.

Rute arak-arakan dimulai dari Bandara SIM, melalui beberapa titik penting kota seperti Bundaran Lambaro, Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape, Simpang Lima, dan Simpang Kodim, hingga tiba di Balai Kota Banda Aceh di Jalan Abu Lam U.

Arak-arakan Penyambutan Piala Adipura Berlangsung Meriah
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengalungkan bunga kepada Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, saat tiba di Bandara SIM Blangbintang. (Waspada/Zafrullah)

Selama perjalanan arak-arakan, jalan-jalan yang dilalui dipenuhi oleh warga yang menyambut dengan hangat kedatangan Piala Adipura tersebut. Banyak warga yang mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan smartphone  mereka.

Perayaan akbar ini diakhiri dengan meriah di Balai Kota, di mana Pj Wali Kota Banda Aceh memberikan sambutan menggembirakan kepada semua yang hadir, menegaskan komitmen untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihan kota ini.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota Banda Aceh, tetapi juga memotivasi seluruh masyarakat untuk terus berkontribusi dalam melestarikan lingkungan dan menjaga kebersihan kota, sehingga keberhasilan seperti ini dapat terus diraih di masa depan.

Kapolresta Berikan Apresiasi

Keberhasilan Pemerintah Kota Banda Aceh yang kembali meraih Piala Adipura, mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dilontarkan oleh Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli.

Ia mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Pemko Banda Aceh.

 “Sebelumnya kita bersama forkopimda telah melaksanakan studi tiru ke sejumlah kota, dengan tujuan melihat perubahan-perubahan yang ada di sana seperti pengelolaan pasar dan pengelolaan sampah,” ucap KBP Fahmi.

Ketika kembalinya kami dari kunjungan, maka mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat berupa Adipura. Ini adalah hal yang luar biasa,” kata Kapolresta usai acara penyambutan Adipura di halaman Balai Kota Banda Aceh, Rabu (6/3).

Menurutnya, prestasi Banda Aceh ini tak terlepas dari inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Amiruddin dan dukungan dari segenap jajaran pemerintah dan masyarakatnya.

“Saya kira inovasi-inovasi beliau dalam membangun kota patut didukung dan semoga Banda Aceh bisa mendapatkan Adipura Kencana nantinya.” pintanya.

Sementara itu, senyum sumringah terpancar dari raut wajah Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani Basyah. Ia dan pasukan oranye-nya berhasil membawa Pemko Banda Aceh kembali meraih piala Adipura XI.

Arak-arakan Penyambutan Piala Adipura Berlangsung Meriah
Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, bersama Forkopimda Banda Aceh saat mengarak piala Adipura mulai dari Banda SIM hingga keliling Kota Banda Aceh. (Waspada/Zafrullah)

“Saya sangat bangga kepada petugas DLHK3 yang selalu bekerja keras untuk membersihkan Kota Banda Aceh dari subuh hingga malam hari,” kata Hamdani di sela-sela acara penyambutan di balai kota.

Ia mengungkapkan, piagam tersebut bukan milik pemerintah kota melainkan milik masyarakat yang sama-sama menjaga lingkungan.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pada masyarakat yang telah bekerjasama dalam menjaga, merawat, dan memperindah kota,” katanya.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Pj Wali Kota Amiruddin yang berjanji akan memberikan bonus kepada petugas DLHK3.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pak wali. Ini bentuk perhatian dan kepedulian kepada para pasukan oranye,” ujarnya.

Di samping itu, Hamdani juga berjanji akan terus memompa semangat Pasukan Oranye dalam menjaga kebersihan kota demi mengejar target Piala Adipura Kencana sebagai kategori tertinggi penghargaan.

“Insyaallah dengan dukungan semua pihak, kami dari DLHK3 akan berusaha menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kota sehingga Banda Aceh bisa mendapatkan Piala Adipura Kencana, aamiin,” ungkapnya. (b03)

  • Bagikan