Baitul Mal Langsa Salurkan Zakat Capai Rp6 Miliar Bagi 7.540 Fakir Miskin

- Aceh
  • Bagikan
Pj Wali Kota Langsa, Syaridin saat memberikan award kepada para kepala OPD dan lintas instansi dari Baitul Mal Langsa sebagai Muzakki terbaik, di Aula Cakra Donya Langsa, Rabu (3/4). Waspada/Rapian
Pj Wali Kota Langsa, Syaridin saat memberikan award kepada para kepala OPD dan lintas instansi dari Baitul Mal Langsa sebagai Muzakki terbaik, di Aula Cakra Donya Langsa, Rabu (3/4). Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada) : Baitul Mal Kota Langsa menyalurkan Zakat dan Infaknya mencapai Rp6 miliar lebih yang diperuntukkan kepada 7.540 fakir miskin yang tersebar di wilayah Kota Langsa saat ini.

Kepala Baitul Mal Kota Langsa Jauwahir, SE, MAP, menyampaikan laporan pada penyaluran Zakat senif fakir dan miskin tahun 2024 sekaligus pelaporan pertanggung jawaban penerimaan dan penyaluran zakat dan infak Baitul Mal Kota Langsa Tahun Anggaran 2023, di Aula Cakra Donya Langsa, Rabu (3/4).

Kata Jauwahir, Dalam laporan pertanggungjawaban penerimaan dan penyaluran zakat dan infak tahun 2023 dan penyaluran zakat Asnaf fakir dan miskin 2024, untuk penerimaan Zakat di Tahun 2023 sebesar Rp3.045.657.443,99, sedangkan penerimaan Infak sebesar Rp2.866.321.688.32, dengan total keseluruhan Rp5.911.979.132.31.

“Alhamdulillah sudah tersalurkan untuk Zakat Rp3.025.000.000. dan untuk Infak Rp3.000.000.000. Tahun 2023 dengan total nilainya Rp6.025.000.000,” jelas Jauwahir.

Baitul Mal Langsa Salurkan Zakat Capai Rp6 Miliar Bagi 7.540 Fakir Miskin

Lebih lanjut Jauwahir menjelaskan kegiatan Baitul Mal Tahun 2023, untuk penyaluran Zakat Asnaf Fakir dan Miskin yang diserahkan melalui Ketua Baitul Mal Gampong (BMG) di Kota Langsa sebesar Rp. 231.000.000 kepada 1.540 Fakir dengan rincian Rp150.000 per orang, dan Rp600.000.000 kepada 6.000 Miskin dengan rincian Rp100.000 per-orang.

Selain itu juga untuk penyaluran Infak Tahun 2023 Baitul Mal Membangun selain bantuan untuk Fakir dan Miskin, kita telah membangun sebanyak 21 Unit Rumah, Rehab Rumah 6 Unit, Balai Pengajian/Dayah 8 Unit, membantu Pasien Rujukan 379 orang, Beasiswa ke Mesir dan juga pemulangan orang sakit dari luar daerah maupun luar negeri.

“Terimakasih kepada seluruh Muzakki dan Munfik yang telah mempercayakan Zakat dan Infaknya kepada Baitul Mal Kota Langsa sehingga setiap tahunnya selalu ada peningkatan pengumpulannya,” ungkap Jauwahir.

Pj. Wali Kota Langsa, Syaridin, S.Pd, M.Pd, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara beserta segenap unsur yang terlibat, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, dan juga kepada Muzakki yang sudah mempercayakan Zakat dan Infaknya melalui Baitul Mal Kota Langsa.

“Saya yakin acara tahunan Baitul Mal Kota Langsa ini akan semakin mengokohkan dan menjaga kepercayaan umat terhadap lembaga keuangan umat ini,” papar Syaridin.

Menjawab pertanyaan masyarakat untuk kepengurusan Baitul Mal Kota Langsa, Syaridin dengan tegas mengatakan “Insya Allah sesegera mungkin setelah hari raya Idul Fitri akan diproses pemilihan Ketua dan Pengurus Baitul Mal periode 2024 seterusnya,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa tidak ada hambatan dalam pengelolaan Zakat dan Infak serta pencairan hak-hak yang harus diterima di Baitul Mal Kota Langsa selama ketua definitif tidak ada permasalahan sama sekali.

“Pemerintah Kota Langsa telah mengangkat Dewan Pengawas dan diperkuat dengan ditunjuknya Sekretaris menjadi Plt. Ketua Baitul Mal Kota Langsa, sehingga proses penerimaan dan penyaluran zakat telah berjalan dengan baik apa adanya dan semestinya,” ujar Syaridin.

Kemudian, penyaluran yang biasanya di Baitul Mal Kota Langsa pada 27 Ramadhan namun pada Tahun 2024 ini dipercepat dikarenakan sudah masuk masa libur memperingati Hari Raya Idulfitri 1445 H.

“Saya yakin dan percaya kepada Baitul Mal, tidak ada penyimpangan apapun dalam penanganan Zakat di Kota Langsa, oleh karena itu kepada Muzakki jangan pernah ada keraguan kepada Baitul Mal Kota Langsa sudah menyalahgunakan Zakat dan Infak yang berasal dari pada Muzakki,” katanya.

Pemko Langsa juga tidak pernah menggunakan uang zakat yang ada di Baitul Mal untuk kepentingan diluar ketentuan yang boleh menerima Zakat dan Infak. Saya ingatkan kepada seluruh Instansi Pemerintah maupun Instansi Vertikal yang dalam wilayah Kota Langsa agar dapat membayarkan zakat dan infaknya melalui Baitul Mal Kota Langsa.

“Sejauh yang saya tahu dari Sabang sampai dengan Kota Langsa, Baitul Mal Kota Langsa adalah yang terbaik,” tukasnya.

Baitul Mal Langsa Salurkan Zakat Capai Rp6 Miliar Bagi 7.540 Fakir Miskin

Pada kesempatan itu, Angelina Hutabarat yang merupakan seorang Mualaf di Kota Langsa penerima bantuan Baitul Mal mengucapkan terimakasih kepada Baitul Mal Kota Langsa dan juga kepada para Muzaki yang telah menyalurkan zakatnya sehingga saya dan keluarga akhirnya memiliki rumah yang layak huni.

Menutup acara tersebut, turut diserahkan Zakat Award Tahun 2023 dan Kain Sarung, sebagai apresiasi Baitul Mal Kota Langsa kepada Instansi/Lembaga Pemerintahan dan Pendidikan yang meliputi Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar.

Instasi Pemerintahan Kota Langsa yakni, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan WH, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Dinas Sosial, dan IAIN Langsa, dan Instansi BUMN/BUMD yakni, PTP N I Regional Langsa, PLN Cab. Langsa, dan Bank Aceh Syariah Cab. Langsa.

Hadir pada acara tersebut, Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa, Para Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN/BUMD, Geuchik, Para Ketua Baitul Mal Gampong (BMG) Kota Langsa, Tokoh Agama, Masyarakat, Muzaki dan Munfik Kota Langsa. (crp).

  • Bagikan