Bak Rambong Terbakar Di Geudring

- Aceh
  • Bagikan
Bak Rambong Terbakar Di Geudring

Pohon Karet Kebo (ficus elastica) di Indonesia khususnya daerah Sumatera, tumbuhan ini banyak terdapat di Aceh, terbakar di Gampong Geudring, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (13/1) jelang malam. (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Pohon karet hutan (bak rambong, Aceh) berukuran besar terbakar di Gampong (desa) Geudring, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (13/1) jelang malam.

Kebakaran pohon yang kerab disebut juga karet kebo (tumbuh di Sumatera dan paling banyak di Aceh), berdekatan dengan balai (gedung) desa. Sehingga warga melaporkan kejadian itu kepada BPBD Aceh Besar.

Setelah menerima informasi itu pada pukul 18.15 Wib, petugas pon induk Sibreh langsung berkoordinasi dengan Pos Peukan Bada dan bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebakaran pohon tersebut.

Bak Rambong Terbakar Di Geudring

Operator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar menyebutkan, apabila terlambat penanganan akan berdampak pada balai desa, karena cuaca yang cerah disertai angin sehingga api sangat mudah menjalar.

Bahkan, katanya, bara api sudah mulai terbang dihembus angin. Untuk penanganan pemadaman, BPBD Aceh Besar mengerahkan satu unit armada dari Pos Induk dan satu unit dan Pos Peukan Bada dengan dukungan enam personil pemadam.

Petugas menyelesaikan pemadaman pada pukul 20.40 Wib dan tidak korban jiwa dalam kejadian itu. Untuk penyebab kebakaran pohon karet hutan tersebut diduga akibat pembakaran sampah di bawah pohon. (b05)

  • Bagikan