Banjir Mengalir Deras Melanda Desa Lawe Hijo Aceh Tenggara

  • Bagikan
Banjir mengalir deras melanda Desa Lawe Hijo Aceh Tenggara. Waspada/Seh Muhammad Amin
Banjir mengalir deras melanda Desa Lawe Hijo Aceh Tenggara. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Banjir mengalir deras melanda Desa Lawe Hijo dan sekitarnya di Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara (Agara).

“Desa Lawe Hijo dan sekitarnya tak heran setiap tahunnya sudah menjadi langganan banjir bila hujan deras turun mengguyur. “Namun sejauh ini belum diketahui apakah ada korban jiwa atau dampak kerusakan dampak banjir yang terjadi pada Kamis (7/3) malam.

Meluapnya Sungai Lawe Kinge menyebabkan puluhan rumah warga terendam banjir. Selain merendam puluhan rumah warga, ratusan hektar lahan pertanian jagung dan padi turut terendam.

Banjir Mengalir Deras Melanda Desa Lawe Hijo Aceh Tenggara

Kalaksa BPBD Aceh Tenggara Nazmi Desky SKM, M. AP saat dikonfirmasi Waspada. id, Jumat (8/3) pagi melalui HP selulernya menjelaskan, lokasi kejadian terdampak banjir di Kecamatan Bambel diantaranya,
Desa Lawe Hijo induk, Desa Lawe Hijo Gabungan, Desa Lawe Hijo Ampera dan Desa Kuning I, ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, banjir terjadi akibat curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi yang mengguyur sebagian wilayah Aceh Tenggara, hujan mulai turun sejak pukul 19.00 WIB.

“Dan sekira pukul, 22.15 WIB, menyebabkan debit sungai meningkat sehingga jebolnya tanggul sungai lawe kinga di desa lawe hijo Kec. Bambel kurang lebih 10 Meter dan aliran sungai langsung berpindah ke pemukiman warga, ketusnya.

Dikatakan, saat ini dilakukan petugas tengah melakukan pendataan dan dokumentasi serta menurunkan 1 unit excavator, alhamdulillah tidak ada menimbulkan korban jiwa, pagi ini kondisi air sudah surut tambahnya. (cseh)

  • Bagikan