Banjir Mulai Surut, Warga Lawe Alas Bersihkan Rumah

- Aceh
  • Bagikan
Banjir Mulai Surut, Warga Lawe Alas Bersihkan Rumah
Warga Desa Rih Mbelang saat membersihkan rumahnya yang terdampak banjir. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Tenggara pada Jumat (1/12) malam mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Lawe Alas sempat terendam banjir sungai dan banjir bandang.

Namun, Sabtu (2/12) pagi, banjir sungai dan banjir bandang yang menggenangi rumah-rumah penduduk tampak air sudah mulai surut. Warga terdampak banjir sungai dan bandang mulai membersihkan rumah mereka dari genangan air dan tanah lumpur yang dibawa luapan air.

“Hari ini kami mulai membersihkan rumah dari genangan air dan lumpur,” kata salah seorang korban banjir Andes warga Desa Rih Belang, Sabtu (2/12) pagi. Menurutnya, akibat banjir bandang itu air menggenangi rumahnya sekitar 50-60 centimeter dan membasahi sejumlah perabotan rumah tangga. “Mudah-mudahan banjir susulan tidak terjadi lagi. Sudah dua kali sejak bulan kemarin hingga awal bulan ini air meluap,” ujarnya.

Banjir Mulai Surut, Warga Lawe Alas Bersihkan Rumah

Pembersihan rumah warga korban banjir selain dilakukan oleh pemilik rumah juga dibantu sejumlah relawan baik dari Kantor Camat Lawe Alas, jajaran Polri serta TNI dan berbagai lembaga mengatasnamakan masyarakat yang peduli musibah banjir.

Selain genangan lumpur juga terlihat potongan-potongan kayu bekas penebangan serta sampah berserakan di tepi sungai dan tepi jalan, dampak banjir sejumlah desa yakni, Desa Rih Mbelang, Darul Amin, Desa Lawe Kongker, Desa Perapat Batu Nunggul, Desa Kute Rimbe, Desa Cingkam 2.

Sementara Kapolsek Lawe Alas, Iptu Younaidi mengaku dia bersama anggota standby di tiga desa yaitu, Desa Prapat Batu Nunggul, Desa Rih Belang dan Desa Pintu Rimbe.

Namun Kapolsek Lawe Alas mengimbau warga tetap waspada terhadap banjir susulan karena cuaca saat ini masih ekstrem dan hujan bisa datang secara tiba-tiba. “Banjir di Kecamatan Lawe Alas karena dipicu hujan deras mengakibatkan air sungai meluap,” ketusnya.

Sementara Kalaksa BPBD Agara, Nazmi Desky melalui Sekretarisnya, Zul Safri Desky saat dihubungi Waspada.id, Sabtu (2/12) mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan desa-desa yang terdampak banjir (Kecamatan Lawe Alas). “Nanti hubungi Dodi Sukmariga Tajmal (Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD), bidangnya melakukan pendataan kawan,” sebut Sekretaris BPBD Agara. (cseh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *