Berikut Nama Caleg DPRK Langsa Peraih Suara Terbanyak

  • Bagikan
Berikut Nama Caleg DPRK Langsa Peraih Suara Terbanyak

Grafik peroleh suara terbanyak pada DPRK Langsa untuk 25 kursi dewan periode 2024-2029 berdasarkan hasil D Hasil KABKO – DPRK, Selasa (5/3).Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada): Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa telah menuntaskan pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara partai politik dan Calon Legislatif (Caleg) DPRK Langsa yang meraih suara terbanyak, di Aula Convention Vitra Tirta Raya Hall.

Rapat pleno dipimpin langsung Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST, dan komisioner Dr (Cand) Bahtiar MA, Muhammad Al-Fadhal M.Si, Fauzan Rizal, Sekretaris KIP Kota Langsa, H Muhammad Dahlan S.Sos dan dihadiri Ketua Bawaslu Kota Langsa, Taufiqurrahman, Marida Fitriani MP dan Sri Wahyuni dan para saksi dari partai politik dengan pengawalan pihak Polres Langsa.

Berdasarkan rekap model D Hasil KABKO – DPRK, Selasa (5/3) peraihan suara terbanyak berhasil didulang partai politik dan para calegnya baik dari partai lokal maupun partai nasional.

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I Langsa Kota yang memperoleh suara terbanyak untuk lima kursi diantaranya.

  1. Partai Golkar, berhasil mendulang suara sah partai 4.045 dan untuk calegnya adalah Mukris Jumadi dengan torehan suara 1.963 untuk kursi pertama dimana Mukris pendatang baru di legislatif.
  2. Partai PKS dengan perolehan suara partai mencapai 2.991 yang untuk calegnya Zulfahmi dengan raihan suara sebanyak 2.006 menempati kursi kedua juga tercatat sebagai petahana.
  3. Partai Amanat Nasional (PAN) mendulang suara sah partai 1.720 untuk calegnya Jeffry Sentana Putra dengan meriah 901 suara yang merupakan petahana dimana yang bersangkutan awalnya di Partai Gerinda yang kini hijrah ke PAN menempati kursi ketiga.
  4. Partai Aceh (PA) dengan torehan suara sah partai hanya 1.681 dengan calegnya Zulkifli Latif dengan mengumpulkan suara 818 juga incumbent menempati kursi keempat.
  5. Partai Hanura dengan mengumpulkan suara sah partai 1.601 dengan calegnya Khairul Amri dengan torehan suara 725 menempati kursi kelima juga pendatang baru di kursi dewan.

Kemudian untuk Dapil 2 Langsa Lama dan Langsa Timur ada tujuh kursi, untuk partai yang memperoleh suara terbanyak diantaranya.

  1. PAN dengan mendulang 5.705 suara sah partai dan untuk calegnya Melvita Sari dengan suara yang diraih 2.746, menempati kursi pertama dan tercatat sebagai petahana yang awalnya di Partai Gerindra kini bergabung di PAN.
  2. Partai Aceh (PA) suara sah partai mencapai 5.361 dan untuk calegnya adalah Samsul Bahri SH atau yang akrab disapa Robert berhasil mendulang suara 2.705 suara juga sebagai incumbent di kursi legislatif menempati kursi yang kedua.
  3. Partai Golkar suara sah partai 3.973 dengan calegnya Muhammad Syahputra berhasil meraih suara 896 menempati kursi ketiga di dewan merupakan pendatang baru.
  4. Partai Hanura dengan torehan suara sah partai 2.513 untuk calegnya yaitu Nakim berhasil mengumpulkan suara sebanyak 1.340 menempati kursi keempat juga tercatat sebagai pendatang baru di kursi parlemen. Dia adalah mantan pensiunan ASN dengan jabatan terakhir Kabid di BKPSDM Kota Langsa.
  5. Partai Gerindra berhasil mendulang suara sah partai sebanyak 2.464 untuk caleg Zulfian memperoleh suara 1.398 menempati kursi kelima, dimana sebelumnya pada periode 2019 gagal melaju pada Partai Aceh, namun pada tahun 2014 lalu dianya menjadi anggota dewan.
  6. PKS memperoleh suara sah partai sebanyak 1.964 dengan caleg yang diusung T Muhammad Chabibi dengan torehan suara 878 suara berhak atas kursi keenam tercatat pendatang baru pada tatanan kursi dewan.
  7. Kembali lagi PAN mendapatkan kursi kedua setelah adanya pembagian sistem ‘Sainte Lague’ yang memperoleh suara partainya mencapai 5.705 dan untuk calegnya Susilawati dengan torehan suara sah 1.462 berhasil menempati kursi yang ketujuh atau akhir dari Dapil 2 ini.

Selanjutnya untuk Dapil 3 Langsa Baro ada tersedia delapan kursi untuk para Caleg serta perolehan suara sah partai terbanyak meliputi.

  1. Untuk kursi yang pertama dan paling mendominasi diraih oleh Partai NasDem besutan Surya Paloh ini menasbihkan diri yang paling puncak dengan mendulang 4.790 suara partai dan calon legislatifnya adalah Sri Keumala Nurli SE dengan torehan 1.968 suara dan tercatat sebagai petahana.

Lantas untuk kursi yang kedua diraih oleh Partai Golkar dengan total 3.558 suara partai dan ditempati caleg Saifullah SE MM, dengan suara diraih 1.862 menduduki kursi kedua yang sekarang ini masih menjabat Wakil Ketua I DPRK Langsa.

Lalu untuk kursi yang ketiga diraih oleh Partai Gerindra dengan total suara partai mencapai 2.876 berhak diduduki oleh Muhammad Fahrul Razi dengan mengumpulkan 2.548 suara dan caleg ini pendatang baru dalam dunia politik anak dari pengusaha tenar Kota Langsa H Sofyan Pakeh.

Kemudian, untuk kursi keempat berhasil diduduki oleh Partai Demokrat dengan raihan suara partai mencapai 2.769 suara dan dipastikan di tempati oleh Muhammad Bayu Setiawan SE, anak muda dengan talenta mumpuni mampu menyingkirkan rival lainnya dengan torehan 1.331 suara serta pendatang baru di legislatif Kota Langsa.

Sedangkan pada kursi kelima dari Partai PKS dengan catatan suara partai 2.340 yang ditempati oleh dr Febri Haska Putra yang hanya mampu mengumpulkan 483 suara, tercatat sebagai pendatang baru di kursi dewan anak dari Praktik Obat-obatan Asoka.

Untuk kursi yang keenam diraih oleh Partai Aceh dengan total suara partai 2.106 yang ditempati oleh caleg Maimul Mahdi S.Sos, yang berhasil mengumpulkan suara 1.647 suara. Saat ini Maimul Mahdi sebagai Ketua DPRK Langsa dan hasil perolehan suara pada Pemilu 2024 menjadi catatan kelam karena suara yang diperoleh partai tidak begitu signifikan dibandingkan periode yang lalu dan harus mengurut dada.

Kendati demikian untuk kursi ketujuh diraih oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan total suara partai mencapai 2.008 yang dipastikan caleg Ngatiman SPd, dengan raihan suara 1.464 akan menduduki kursi dewan untuk periode 2024-2029 mendatang, dimana Ngatiman pernah menjadi komisioner KIP Kota Langsa dan perjalanan kedua menuju kursi legislatif yang akhirnya berhasil.

Sebagai juru kunci pada kursi kedelapan legislatif berhak ditempati T Helmi Mirza dengan perolehan suara mencapai 1.482 dan secara akumulatif suara partai PNA mampu mengumpulkan 1.665 suara. T Helmi Mirza merupakan Anggota DPRK Langsa saat ini dan tetap menjadi play makernya di legislatif Kota Langsa.

Kemudian untuk Dapil 4 Langsa Barat perolehan suara sah partai dan para caleg yang akan melaju ke parlemen berdasarkan suara terbanyak diraih oleh Partai Aceh (PA) 3.260, dimana calegnya Burhansyah mampu mengumpulkan suaranya 1.491 menduduki kursi pertama tercatat sebagai petahana.

Untuk perolehan suara terbanyak Partai Demokrat dengan total 3.166 dengan calegnya Ferizal Amri SPd, mengumpulkan suara 1.847 dan mampu menempatkan dirinya di kursi yang kedua juga sebagai incumbent pada kursi legislatif untuk yang kedua kalinya.

Pada kursi yang ketiga perolehan suara sah partai kembali direbut oleh PAN dengan total 2.069 suara dengan calegnya Zubir, dimana dianya mengumpulkan 673 suara dan berhak atas kursi ketiga, Zubir pendatang baru pada blantikan kursi empuk dewan itu.

Untuk perolehan suara sah partai Gerindra yaitu 1.779 dengan calegnya Irwanto berhasil menorehkan suara sebanyak 1.476 ini juga pertahana dan saat ini menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kota Langsa harus puas pada kursi keempat.

Lantas pada kursi kelima ditempati oleh Noma Khairil dengan mengantongi suara 1.247. untuk Partai PKS dengan suara sah yaitu 1.756 menduduki kursi terakhir pada dapil 4 Langsa Barat.

Disimpulkan perolehan kursi yaitu untuk PAN 5 kursi, Partai Aceh 4 Kursi, PKS 4 kursi, Partai Golkar 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, Partai Hanura 2 kursi, Partai Demokrat 2 Kursi, Partai PNA 1 kursi dan Partai Nasdem 1 kursi.

Artinya untuk petahana ada 13 orang sedangkan pendatang baru yang nantinya menempati pada kursi legislatif ada 12 dengan total secara keseluruhan 25 kursi dewan periode 2024-2029 yang akan datang. (crp)

  • Bagikan