BPBD Aceh Besar Up Date Banjir Di Lembah Seulawah Dan Seulimum

- Aceh
  • Bagikan
BPBD Aceh Besar Up Date Banjir Di Lembah Seulawah Dan Seulimum
Krueng Panca yang sebelumnya meluap akibat curah hujan tinggi, di kawasan Gampong Panca, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, tampak mulai surut, Sabtu (27/1). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil, mengupdate perkembangan banjir akibat cuaca ekstrem dan hujan yang tinggi mengguyur wilayah Aceh Besar secara merata yang terjadi Jumat (26/1) sore.

“Curah hujan yang tinggi, Jumat (26/1) sore mengakibatkan banjir luapan dari Krueng (sungai) Panca. Hingga mengakibatkan badan jalan nasional Banda Aceh-Medan tergenang, dikawasan Gampong Lon Hasan,” ungkap RJ, sapaan akrab Ridwan Jamil, Sabtu (27/1).

Selain itu, jalan penghubung Gampong Lam Kubu dan Gampong Panca, di Kecamatan Lembah Seulawah juga tergenang. Kemudian banjir itu, kata RJ, juga melanda Peukan (pasar) Seulimum, Gampong Jawie, Gampong Lam Jruen, dan Gampong Bugha di Kecamatan Seulimum.

Kondisi terakhir kawasan banjir tersebut, sebagaimana dilaporkan Operator Pusdalops BPBD Aceh Besar, dibeberapa lokasi yang sempat digenangi banjir sudah surut seiring kondisi cuaca yang kembali cerah.

BPBD Aceh Besar Up Date Banjir Di Lembah Seulawah Dan Seulimum
Petugas BPBD Aceh Besar terus memantau perkembangan banjir yang terjadi di kawasan Kecamatan Seulimum dan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Sabtu (27/1). (Waspada/Ist)

“Untuk jalanan yang tergenang sudah kembali bisa dilalui oleh kenderaan. Demikian juga rumah warga yang tergenang secara perlahan debit air juga sudah surut,” tambah Ridwan Jamil.

Menurut laporan dari Petugas pos Seulimum, terang RJ, untuk saat ini secara visual cuaca sudah mulai cerah. Sementara debit air juga sudah surut.

Begitupun, katanya, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar baik di Pos Saree maupun Pos Seulimum masih terus melakukan pemantauan di beberapa lokasi rawan banjir. (b05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *