Brigade Masjid Harus Berjiwa Militan Kemasjidan

- Aceh
  • Bagikan
Brigade Masjid Harus Berjiwa Militan Kemasjidan
MENYIMAK: Peserta menyimak materi saat mengikuti Rakerda Brimas BKPRMI di Pantai Kuala Matang Rayeuk SMK, Idi Timur, Aceh Timur, Kamis (8/2). Waspada/H. Muhammad Ishak

IDI (Waspada): Brigade Masjid (Brimas) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh Timur, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ke-I Tahun 2024, Kamis (8/2).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 hijriyah yang dipusatkan di Pantai Kuala Matang Rayeuk SMK, Kecamatan Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur. Kegiatan Rakerda Brimas dibuka Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh, Dr Mulia Rahman, S.Pd.I, M.A.

Hadir antara lain Sekretaris Umum DPD BKPRMI Aceh Timur, H Muhammad Ishak, Bendahara Umum Tgk H Sulaiman atau Tole, dan sejumlah pengurus lain seperti Tgk Ridwan Idy, Tgk Ismuhadi, Tgk Fadli, Tgk Samsul Bahri, Tgk Muhammad Danil dan Kak Boby selaku Komandan Daerah Brimas DPD BKPRMI Aceh Timur.

Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh Timur, Dr Mulia Rahman, S.Pd.I, MA, dalam sambutannya mengajak seluruh alumni Diklatsar Brigmas BKPRMI lulusan 2023 di Banda Aceh dan lulusan 2024 di Kota Sabang, untuk mengembangkan sayapnya di kecamatan, seperti menularlam ilmu dan pemahaman ke-BKPRMI-an ke pemuda masjid yang ada di desa dan kecamatan.

Brigade Masjid Harus Berjiwa Militan Kemasjidan
RAKERDA BRIMAS: Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh, Dr Mulia Rahman, berfoto dengan pengurus DPD BKPRMI dan peserta usai Rakerda Brimas BKPRMI di Pantai Kuala Matang Rayeuk SMK, Idi Timur, Aceh Timur, Kamis (8/2). Waspada/H. Muhammad Ishak

“Kita sebagai pemuda dan remaja yang hidup di negeri yang menerapkan Syariat Islam (SI) harus memakmurkan masjid, bukan mencari kemakmuran di masjid. Artinya, kita harus memiliki jiwa militan dalam bingkai kemasjidan dan mengajak pemuda/i untuk memakmurkan masjid,” kata Dr Mulia Rahman.

Sebagai Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh, pihaknya sangat mengapresiasi masa kepengurusan BKPRMI Aceh Timur atas pembinaan yang dilakukan selama ini terhadap Brigade Masjid sebagai lembaga otonom dibawah BKPRMI. “Dulu pemgurus BKPRMI hanya dikenal 1-3 orang. Sekarang puluhan pengurus BKPRMI aktif dan aktif dalam setiap kegiatan,” sebut Mulia Rahman.

Sekretaris Umum DPD BKPRMI Aceh Timur, H Muhammad Ishak, dalam laporan sebelumnya menekankan, kader Brimas untuk proaktif dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di masjid, baik dalam membantu pihak keamanan menertibkan jemaah maupun mengatur arus lalu lintas di jalan.

“Brigade Masjid sudah dibekali pemahaman tentang pengamanan terbuka dan tertutup, sehingga dalam setiap kegiatan dapat membantu panitia masjid dan membantu pihak keamanan,” ujar H. Muhammad Ishak, sembari meminta, Brimas juga harus mengajak pemuda dan remaja lain bergabung ke dalam barisan BKPRMI.

Kedatangan Dr Mulia Rahman, disambut hangat sejumlah pengurus. Bahkan sebelumnya Pimpinan Dayah Darussa’adah Idi Cut, Tgk H Saiful Anwar atau Abon Darussa’adah ikut memimpin tepung tawar (peusijuek–red) terhadap Dr Mulia Rahman, S.Pd.I, MA. Usai bersilaturahmi, lalu pria yang akran disapa Ustaz Mulia itu menziarahi Makam Ulama Kharimatik Aceh, Tgk H Abdul Wahab Hamid atau abu Idi Cut di Komplek Dayah Darussa’adah Cabang Idi Cut. (b11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *