Bunda PAUD Aceh Terima Penghargaan Wiyata Dharma Utama Dari Kemendikbudristek

- Aceh
  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Bunda PAUD Aceh, Ayu Marzuki, berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dalam kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Dalam acara tersebut, Ayu Marzuki didampingi oleh Ketua Pokja Paud Aceh Mellani Subrani dan Ketua Bunda-Bunda Paud Kabupaten/Kota di Aceh.

Kinerja Bunda Paud Aceh dan jajaran dinilai bagus sehingga berhak menerima Anugerah Wiyata Dharma Utama 2023 Tingkat Nasional. Anugrah tersebut diserahkan langsung oleh Bunda Paud Nasional Iriana Joko Widodo di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta, Rabu (8/11) malam.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, apresiasi ini diberikan merujuk pada inovasi serta aksi nyata yang dilakukan Bunda PAUD dalam melakukan advokasi serta mengawal tiga target perubahan pada Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di daerahnya masing-masing.

Dimana Bunda-bunda penerima penghargaan ini dinilai telah berhasil meminimalisir tes calistung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang SD/MI, Penerapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau orientasi dan penerapan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak sebagai wujud target perubahan dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

“Oleh karena itu kami memberikan apresiasi ini, karena tampa adanya kerja keras Bunda Paud seluruh Indonesia program ini susah untuk direalisasikan,” kata Nadiem dalam sambutannya.

Nadiem berharap bekal apresiasi yang diberikan bukan hanya untuk dipajang saja, namun layaknya motivasi hal ini harus menjadi bekal semangat dalam melanjutkan program Transisi Paud yang menyenangkan.

“Tujuannya agar semua pendidikan Indonesia mengembangkan kemampuan pondasi sehingga mereka menjadi pelajar sepanjang hayat. Kita ingin mereka jatuh cinta dengan belajar ibu-ibu, itulah harapan besar kita,” ujarnya.

Sementara itu Bunda Paud Aceh, Ayu Marzuki menghaturkan rasa terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Mendikbudristek RI tersebut.

Ayu mengatakan, akan melanjutkan program transisi Paud yang menyenangkan sesuai dengan kebijakan Merdeka belajar.

“Alhamdulillah ada apresiasi, kita tentunya bangga bisa membawa pulang penghargaan ini, semoga ini menjadi motivasi kita semua dalam menjalankan tugas khususnya untuk mendidik anak usia dini,” katanya.

Ayu juga menyebutkan, prestasi tersebut didapatkan bukan karena kinerja dirinya sendiri, namun juga terdapat batuan yang sangat baik dari seluruh pengurus Bunda Paud Aceh.

“Oleh karena saya ingin mengucapkan terimakasih atas kerja kerasnya, saya mengajak ini ditingkatkan dan tuai lagi prestasi sebanyak-banyaknya,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan apresiasi bunda paud nasional itu diikuti oleh seluruh bunda paud provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Turut hadir dalam acara itu Bunda Paud Nasional Iriana Joko Widodo dan Istri Wakil Presiden Indonesia Wury Ma’aruf Amin serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim. (b03)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *