Calhaj Aceh Utara Tahun 1443 H 267 Orang

- Aceh
  • Bagikan

ACEH UTARA (Waspada): Setelah sempat tertunda selama dua tahun berturut-turut akibat dilanda Covid-19, akhirnya pada tahun 2022 Masehi/1443 H, 267 jama’ah calon haji (Calhaj) di Kabupaten Aceh Utara segera diberangkatkan ke tanah suci.

Dari 267 Calhaj sebanyak 255 orang merupakan Calhaj reguler. Mereka telah melunasi seluruh biaya pada tahun 2020 dan terpaksa ditunda keberangkatan karena dunia sedang dilanda virus mematikan Covid-19.

255 Calhaj tersebut menjadi jamaah prioritas untuk diberangkatkan pada tahun ini. Sedangkan 12 orang lainnya merupakan Calhaj cadangan yang telah melakukan konfirmasi pelunasan.

Hal ini diketahui Waspada.id saat mendengar laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara, Drs. Maiyusri, pada kegiatan pembukaan pembimbingan Calhaj Aceh Utara tahun 2022 di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Rabu (8/6) pagi.

“Kegiatan pembimbingan jamaah calon haji Aceh Utara kita laksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu hari ini dan besok, Rabu-Kamis (8-9/6),” sebut Maiyusri di hadapan seluruh Calhaj Aceh Utara dan tamu undangan.

Masih menurut Maiyusri, berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Kerajaan Arab Saudi tentang kuota haji tahun 2022, bahwa persyaratan Calhaj tahun 2022 untuk seluruh dunia dibatasi usia.

“Batas usia yang dibolehkan untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini oleh Kerajaan Arab Saudi 65 tahun ke bawah. Bagi bapak dan ibu yang usianya di atas 65 tahun tidak perlu bersedih hati. Insya Allah tahun depan sudah bisa diberangkatkan ke tanah suci,” sebut Maiyusri.

Pada kesempatan itu, Maiyusri kembali menginformasikan kepada seluruh masyarakat Aceh Utara, bahwa manasik haji untuk tingkat kecamatan telah dilaksanakan pihaknya sebanyak 4 kali pertemuan di 5 titik lokasi yang terpisah yang dipusatkan di ibukota beberapa kecamatan.

“Yang kita laksanakan hari ini adalah manasik haji untuk tingkat kabupaten dan mereka semua sudah siap untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik. Semoga dengan berbagai persiapan termasuk mental, seluruh Calhaj kita telah siap untuk diberangkatkan,” katanya.

Maiyusri berharap seluruh Calhaj Aceh Utara telah menguasai berbagai pengetahuan tentang pelaksanaan haji. Dengan demikian, didoakan agar seluruh Calhaj Aceh Utara selalu dalam kondisi sehat.

“Fisik dan mental harus disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya sama seperti persiapan dalam mengikuti pembimbingan seperti yang kita laksanakan pada hari ini,” katanya.

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib melalui Kepala Dinas Syariat Islam, Muhammad Idris T pada acara pembukaan pembimbingan Calhaj Aceh Utara di Masjid Agung Lhoksukon, meminta seluruh calon jamaah untuk mengikuti manasik haji dengan baik dan tekun hingga memahami tatacara pelaksanaan haji di tanah suci nantinya. (b07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *