Dayah Safinatus Salamah Al-Aziziah Gelar Maulid

- Aceh
  • Bagikan
Dayah Safinatus Salamah Al-Aziziah Gelar Maulid
PERINGATAN MAULID: Jemaah pengajian membacakan isi kitab al-Barzanji dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Safinatun Salamah Al Aziziah Gampong Dama Pulo, Darul Aman, Aceh Timur, Jumat (8/12) malam. Waspada/H. Muhammad Ishak

IDI (Waspada): Ratusan jemaah pengajian bersama masyarakat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Komplek Dayah Safinatus Salamah Al Aziziah Idi Cut, Gampong Dama Pulo Sa, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (8/12) malam.

Meskipun berlangsung sederhana, namun ratusan jemaah berbondong-bondong datang untuk meramaikan peringatan maulid di dayah yang awalnya dipimpin almarhum Tgk H Abdussalam. Kegiatan diawali dengan salat Magrib berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan kitab al-Barzanji. Selesai salat Isya, kemudian ditutup dengan penyantunan anak yatim serta makan bersama.

Ketua Panitia Pelaksana, Aba Zikrul Falak, mengatakan, bacaan Kitab al-Barzanji yang disusun Sayyid Ja’far al-Barzanji dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah dan teladan umat manusia.

Dayah Safinatus Salamah Al-Aziziah Gelar Maulid

Aba Zikrul Falak menyebutkan, kegiatan maulid di dayah menjadi agenda rutin tahunan setiap di penghujung bulan maulid. Hal ini menunggu selesainya perayaan maulid di setiap desa. “Beberapa alim ulama hadir, seperti Tgk Salihin (Abi), Tgk Afwadi dan Tgk H Mukti. Begitu juga dengan tokoh masyarakat dan perangkat desa juga ikut diundang,” sebutnya.

Dikatakannya, bacaan kitab al-Barzanji adalah menjadi tradisi setiap peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, baik di desa dan kota. “Kitab al-Barzanji ini terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama berisi puisi dalam bentuk qasidah dan bagian kedua berisi prosa dalam bentuk khutbah,” kata Aba Zikrul Falak.

Dijelaskan 12 bab kitab al-Barzanji dibagian pertama mengisah tentang silsilah Nabi Muhammad SAW, kejadian-kejadian luar biasa sebelum dan saat kelahirannya dan juga mengisahkan masa kecil dan remaja Rasulullah SAW serta pernikahannya dengan Siti Khadijah.

“Bagian pertama ini juga mengisah diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi rasul, hijrah ke Madinah, perang Badar, perang Uhud, perang Khandaq, perjanjian Hudaibiyah, Fathul Makkah, haji wada’ dan kisah wafatnya Nabi Muhammad SAW serta pujian-pujian kepadanya,” urai Aba Zikrul Falak.

Bagian kedua, lanjutnya, dibagi dalam empat bab, dimana masing-masing mengisahkan sifat-sifat fisik, akhlak Nabi Muhammad SAW, keutamaan-keutamaannya, mukjizat-mukjizat, shalawat, salam dan doa-doa.

“Kitab al-Barzanji ditulis dengan bahasa Arab yang indah dan fasih. Kitab inj mengandung rujukan Alquran, hadits, kitab-kitab tasawuf dan kitab-kitab sastra,” kata Aba Zikrul Falak, seraya menambahkan, kitab al-Barzanji menjadi kitab maulid yang paling populer dan telah tersebar di seluruh dunia Islam, apalagi telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Inggris, Turki, Urdu, Melayu, Jawa, Sunda dan lain-lain. (b11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *