Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh Gelar Pesona Alas Raya Di Agara

- Aceh
  • Bagikan
Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh Gelar Pesona Alas Raya Di Agara

KUTACANE (Waspada): Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar kegiatan Pesona Alas Raya 2023 yang didanai melalui pokok pikiran Anggota DPRA, drh. Nurdiansyah Alasta., M.Kes, di Stadion H. Syahadat, Kutacane – Aceh Tenggara (Agara), Jumat (8/12).

“Pesona Alas Raya merupakan suatu kegiatan yang menyajikan Seni, Tradisi, Kuliner, Adat, Budaya Aceh Tenggara dan sekitarnya dengan mengangkat etnik kesukuan Alas, Batak & Gayo, kegiatan Pesona Alas Raya berlangsung selama tiga hari kedepan dimulai sejak Jumat (8/12) hingga Minggu (10/12).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang di wakili oleh Ibu Elliati Nurdin, S.Ag.,M.Pd selaku Sub-Koordinator Atraksi Wisata Aceh mengatakan, Keberagaman Adat Budaya tersebut tentunya tidak terlepas dari kawasan pelestarian alam Indonesia yaitu Gunung Leuser yang telah memberi banyak manfaat dari leluhur sampai saat ini, sehingga memberikan inspirasi kepada Penyelenggara Kegiatan dengan persetujuan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh memilih ‘The Heart of Leuser’ sebagai Tema Acara pada Kegiatan: Pesona Alas Raya 2023.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan berupa, Syiar & Doa Bersama
Opening & Closing Ceremony
Performing Art & Music
UMKM Culinary Expo
Lomba Tari Etnis Kreasi
Heritage Exhibition ALAS, BATAK & GAYO ALAS Awarding Night
Talkshow “The Heart of Leuser”
Traditional Food Exhibition
Instagram Reels Competition .

Sedangkan Ceremonial Opening secara simbolis dipimpin oleh Inisiator kegiatan Bapak drh. Nurdiansyah Alasta., M.Kes (yang juga anggota DPRA) berserta 10 tamu undangan lainnya. Pembukaan secara simbolis kegiatan Pesona Alas Raya 2023 di tandai dengan Atraksi Peleubat yang di lakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Aceh. Inisiator Kegiatan, Forkopimda Aceh Tenggara, serta beberapa Tamu Kehormatan, ketusnya.

Sebelum acara dibuka secara resmi, pada sore hari nya juga diselenggarakan Syiar & Do’a Bersama sekaligus Santunan yang di lakukan oleh Inisiator drh. Nurdiansyah Alasta., M.Kes.

drh. Nurdiansyah Alasta., M.Kes juga menerangkan kegiatan Pesona Alas Raya ini memiliki maksud untuk memberikan wawasan tentang adat dan budaya para insani penggiat seni di Aceh khususnya Aceh Tenggara, mendorong dan mendukung eksistensi nilai-nilai seni dan budaya Aceh Tenggara agar lebih dikenal oleh publik baik secara lokal maupun internasional, tergalinya ragam kekayaan seni dan budaya di Aceh Tenggara, Menumbuhkembangkan nilai kecintaan terhadap nilai-nilai seni dan budaya Aceh Tenggara, ujarnya. (cseh)

Teks Foto: Anggota DPRA Nurdiansyah Alasta., M.Kes saat memberikan santunan. Waspada/Seh Muhammad Amin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *