LANGSA (Waspada): Pendidikan saat ini dituntut menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang kuat, ahli dalam menggunakan teknologi, keterampilan berpikir kreatif dan inovatif serta kemampuan untuk memecahkan masalah.
Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi saat ini menjadi semakin penting untuk membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan serta membuat suasana kelas lebih menarik, aktif dan konduktif.
Ketua Tim PKM Universitas Samudra (Unsam) Langsa, Riezky Purnama Sari, S.Pd., M.Si didampingi anggota Nurviana, S.Pd., M.PMat dan Fairus, S.Pd, M.Pd, Rabu (7/8) mengatakan saat melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melakukan pengabdian masyarakat berupa Diseminasi Media Program Linier Berbasis Geogebra (PROLIBRA) bagi Guru Matematika SMA Negeri 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (6/8).
Menurutnya, tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi guru matematika dalam penggunaan media belajar berbasis teknologi serta meningkatkan kemampuan guru matematika dalam memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memberikan pemahaman dan pelatihan Media Program Linier berbasis Geogebra (PROLIBRA).
Selain itu, lanjut Riezky Purnama Sari, bahwa Media PROLIBRA merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang berhasil dikembangkan oleh TIM Penelitian Universitas Samudra.
“Media PROLIBRA ini dikembangkan dengan memanfaatkan software Geogebra pada pembahasan Program Linier yang bersifat memudahkan guru maupun siswa dalam menggunakannya,” sebutnya.
Adapun kelebihan dari Media PROLIBRA ini antara lain: gratis, open source, fitur lengkap dan mudah digunakan, sangat cocok digunakan untuk pembelajaran matematika, mendukung platform web, dan tersedia dalam berbagai bahasa.
Kemudian, kegiatan PKM ini mendapat dukungan dari Kepala Sekolah serta dewan guru SMA Karang Baru yang juga dalam hal ini menjadi peserta kegiatan. Hal ini ditunjukkan dari partisipasi guru dan diskusi aktif dalam kegiatan tersebut.
“Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu secara mandiri menggunakan media belajar berbasis teknologi khususnya geogebra sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran,” tandas Riezky Purnama Sari. (b13)