Dua Nelayan Aceh Timur Hilang, Ternyata…

- Aceh
  • Bagikan

IDI (Waspada): Dua nelayan asal Aceh Timur, yang dikabarkan hilang saat beraktivitas di perairan Selat Malaka, akhirnya berhasil ditemukan. Keduanya kini telah kembali dan berkumpul bersama keluarga di Gampong Naleung, Julok, Aceh Timur.

Keduanya bernama Murtala, 27, dan Yusri, 32, warga asal Gampong Naleung, Julok, Aceh Timur. Berdasarkan pengakuan keduanya, mereka melaut menggunakan Boat ‘Oskadon’ melalui dermaga Kuala Blang Geulumpang, Sabtu (4/6) sekira pukul 07:00. Namun hingga sore hari keduanya belum kembali.

Hingga hari keduanya, keduanya belum kembali, sehingga pihak keluarga melaporkannya ke aparat desa dan pengurus Panglima Laot Lhok Kuala Blang Geulumpang, untuk diteruskan ke pihak terkait, seperti pihak Kepolisian Air (Polair) Polres Aceh Timur, dan Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Senin (6/6).

Sehari setelah dilakukan pencarian, lalu keduanya kembali ke rumah dengan selamat. Berdasarkan pengakuan keduanya, boat yang mereka tumpangi tiba-tiba mengalami kerusakan sekitar empat mill dari pantai Jambo Aye, Aceh Utara, Sabtu (4/6) sekira pukul 16:00.

“Boat yang mereka gunakan untuk melakukan tangkapan ikan mengalami kerusakan dibagian mesin, lalu boat mereka ditarik nelayan Aceh Utara ke Kuala Krueng Geukuh,” ujar Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat SIK, melalui Kasat Polair AKP Zainurusydi, SH, kepada Waspada, Selasa (7/6).

Setelah didaratkan ke Aceh Utara, lanjutnya, kemudian kedua nelayan tersebut diantar melalui jalan darat ke Aceh Timur. “Keduanya saat ini sudah di Aceh Timur, bahkan kita sudah lakukan lakukan pengecekan,” ujar Zainurusydi.

Tim gabungan yang terlibat dalam pencarian sehari sebelumnya telah ditarik dan kembali ke pos masing-masing, baik unsur TNI, Polri, Basarnas Langsa, dan Satgas BPBD Aceh Timur. “Kita berharap nelayan yang melaut benar-benar melengkapi perlengkapan melaut, seperti baju pelampung dan alat navigasi, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas AKP Zainurusydi. (b11).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *