TAPAKTUAN (Waspada.id): Koordinator Forum Peduli Aceh Selatan (For-PAS), T. Sukandi, mengkritik Direktur PDAM Tirta Naga Tapaktuan, Abdillah, atas responnya terhadap keluhan warga terkait buruknya layanan air bersih. Sukandi menilai Abdillah bersikap kekanak-kanakan dan sibuk mencari “kambing hitam”.
Kritik ini muncul setelah Abdillah merespon pemberitaan keluhan warga dengan mengirim pesan berantai yang dinilai sebagai pembelaan diri di grup-grup WhatsApp (WA).
“Apa yang disampaikan beliau (Direktur PDAM) dapat dinilai kekanak-kanakan karena tidak profesional,” kata T. Sukandi kepada Waspada.id di Tapaktuan, Kamis (25/9).
Sukandi menekankan bahwa seorang pemimpin seharusnya responsif dan berjiwa besar, bukan malah memojokkan narasumber berita yang menyampaikan keluhan warga. Ia menyarankan agar Abdillah segera mengadakan Forum Grup Diskusi (FGD) untuk mencari solusi terbaik dan menyerap masukan dari berbagai pihak.
“Lebih efektif segera dibuat FGD yang sifatnya terbatas untuk mencari solusi terbaiknya dengan cara menyerap masukan dan kritikan,” ujarnya.
Sukandi, yang juga mantan Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Naga, memperkirakan sekitar 60 persen infrastruktur PDAM Tirta Naga perlu diremajakan karena sudah tua dan keropos. Ia khawatir perusahaan akan kolaps jika tidak ada terobosan dan inovasi yang visioner.
Sebelumnya, menanggapi keluhan warga Tapaktuan terkait mandegnya suplai air, Direktur Perumda Tirta Naga Tapaktuan, Abdillah, menyangkal suplai air PDAM ke Gampong Padang dan Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan mati dalam tiga hari terakhir. Lantas, orang dekatnya Bupati Aceh Selatan H. Mirwan itu meminta kepada wartawan agar menyebutkan nama warga yang melayangkan komplain tersebut serta menyerahkan nomor ID pelanggannya.
“Apakah yang bersangkutan benar berlangganan air PDAM?, lalu apakah gangguan suplai air dirumahnya disebabkan karena ada sumbatan? Makanya tolong kasih nama dan ID pelanggannya biar saya perintahkan tim teknisi untuk melakukan pengecekan ke lapangan,” kata Abdillah.
Namun saat ditanyakan kembali apakah suplai air selama tiga hari terakhir tetap lancar tanpa ada gangguan?, Abdillah menegaskan bahwa menurut versi mereka (PDAM) suplai air ke rumah-rumah penduduk pelanggan PDAM lancar tanpa ada gangguan.
“Kalau ditanya sama kami, kami jawab suplai lancar tanpa ada gangguan. Makanya jika ada yang komplain tak mengalir air kita cek dulu mungkin ada sumbatan atau kerusakan pipa,” pungkasnya. (id85)