Hati-hati Melintasi Jalan Lingkar Keunire-Pulo Pisang, Inilah Kondisinya

- Aceh
  • Bagikan
Hati-hati Melintasi Jalan Lingkar Keunire-Pulo Pisang, Inilah Kondisinya
Jalan Lingkar Keunire, tepatnya di depan Warkop Cek Min Kupi, rusak dan penuh lubang yang mengancam nyawa warga pengguna jalan. Tampak lubang-lubang tersebut mirip kubangan di sawah, Rabu (27/12) Waspada/ Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Kerusakan jalan Lingkar Keunire – Pulo Pisang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh sangat merugikan dan mengancam keselamatan berkendara. Akibatnya, pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor bisa terjatuh akibat lubang tersebut.

Selain itu, dampak dari buruknya infrastruktur jalan tersebut menyebabkan rawan terjadi kemacetan karena, pengendara roda dua, mobil, hingga truk besar memilih berjalan pelan guna menghindari jalan rusak dan berlubang.

Kondisi ini sudah berlangsung lama, meski telah banyak dan sering dikeluhkan warga, Pemprov Aceh yang memiliki kewenangan terhadap pembangunan dan pemeliharaan jalan ini kurang peduli.

Kendati jalan lingkar Keunire, ini sudah banyak memakan korban jiwa masyarakat pengguna jalan akibat terjatuh saat menghindari lubang di jalan tersebut, apa lacur hingga sekarang kondisi jalan terbuat masih tetap buruk.

Mulai dari Simpang Garot hingga Simpang Praktek Bidan Nur Janah, Pulo Pisang, Pidie. Jalur ini dipenuhi lubang- lubang besar. Pada musim hujan seperti sekarang, lubang-lubang di jalan itu mirip kubangan kerbau di sawah.

Hati-hati Melintasi Jalan Lingkar Keunire-Pulo Pisang, Inilah Kondisinya

Pemerintah Provinsi Aceh sekarang tak peduli dengan buruknya kondisi jalan tersebut. Padahal beberapa waktu lalu, Presiden RI, Joko Widodo saat berkunjung ke Lampung, pernah minta agar semua jalan rusak di Indonesia secepatnya diperbaiki.

Dia meminta perbaikan jalan rusak dikebut pemerintah daerah. Namun, apabila ada pemerintah daerah yang tidak memiliki kemampuan anggaran, Jokowi bilang secepatnya perbaikan jalan akan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Tetapi bagi Pemprov Aceh, titah Joko Widodo, tersebut terkesan dianggap angin lalu. Buktinya hingga sekarang jalan Lingkar Keunire-, Pidie masih rusak dan penuh lubang.

Rahmad, 40, warga Pidie, Rabu (27/12) mengatakan, akibat jalan Lingkar Keunire ini rusak dan berlubang, masyarakat pengguna jalan yang melintas di jalan Keunire – Grong grong, diimbau sebaiknya lebih berhati-hati. Sebab, kondisi jalan berlubang banyak membuat pemotor terjatuh. Begitupun mobil pribadi banyak banyak meledak setelah masuk dalam lubang. Akibat kejadian kecelakaan itu para korban biasanya mengalami luka patah tulang dan dibawa ke rumah sakit.

“Sudah berulang kali terjadi kecelakaan tunggal, kondisi jalan berlubang itu membahayakan pengguna jalan. Kemarin juga terjadi laka tunggal, karena roda kendaraan yang masuk dan menghantam jalan berlubang,” ungkapnya.

“Karena pengguna jalan itu dikiranya kondisi jalan mulus semua, ternyata di depannya ada lubang, jadi nggak sempat menghindar,” imbuh Rahmad. (b06)

  • Bagikan