Inspektorat Aceh Singkil Terima Kunker DPRD Toba

- Aceh
  • Bagikan
Anggota DPRD Kabupaten Toba Provinsi Sumut dalam pertemuan bersama APIP Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil dalam kunjungan kerja nya, Selasa (27/2) kemarin. WASPADA/Ariefh
Anggota DPRD Kabupaten Toba Provinsi Sumut dalam pertemuan bersama APIP Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil dalam kunjungan kerja nya, Selasa (27/2) kemarin. WASPADA/Ariefh

SINGKIL (Waspada): Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba Sumut, melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (27/2) kemarin.

Kunjungan kerja (Kunker) para wakil rakyat dari Kabupaten Toba ini dihadiri langsung oleh Ketua Komisi A DPRD Franshendrik Tambunan, didampingi sejumlah anggota dewan lainnya.

Dalam pertemuan itu Franshendrik menyampaikan, kunker yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk melakukan kordinasi dan mengambil perbandingan dalam bidang pengawasan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Inspektorat Kabupaten Aceh.

Sekaligus meminta masukan terkait pelaksanaan pemeriksaan dan pengawasan yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil.

Kemudian Franshendrik juga menyinggung bagaimana hubungan antara Inspektorat Aceh Singkil dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam penanganan kasus yang muncul didalam pengelolaan keuangan desa di Aceh Singkil.

Begitu juga dalam peningkatan kapabilitas APIP dan berbagai hal dalam pengawasan yang dilakukan.

Pertemuan berlangsung akrab, para anggota dewan Toba yang diterima langsung oleh Sekretaris dan para Inspektur Pembantu (Irban) serta Auditor, terus melakukan komunikasi intens untuk menyerap berbagai kemajuan dalam pengelolaan pengawasan di Bumi Sekata Sepekat itu.

Inspektur Inspektorat Aceh Singkil melalui Sekretaris Fazri Syamsul mengungkapkan, Kapabilitas APIP Aceh Singkil telah mencapai level III. Peningkatan level itu katanya, dicapai berkat kerjasama yang kompak dari seluruh APIP Inspektorat. Termasuk dengan peningkatan kwalitas auditor yang melakukan pemeriksaan dan pengawasan.

Begitu juga memberikan wadah konsultasi kepada aparat desa dan aparat pemerintah kabupaten dalam upaya peningkatan kwalitas pengelolaan pemerintahan desa dan kabupaten.

Dalam pertemuan yang berlangsung dialogis itu, Franshendrik menyebutkan telah menyerap berbagai hal, yang sebelumnya belum mereka peroleh di Kabupaten Toba. Dan ini akan menjadi perbandingan dalam memberikan masukan kepada Inspektorat Toba Sumatera Utara (Sumut) dalam meningkatkan pengawasan di sana, pungkasnya.(B25)

  • Bagikan