Intai Aktivitas Harimau, Petugas Pasang Kamera Trap

- Aceh
  • Bagikan

IDI (Waspada): Untuk mengintai aktivitas harimau sumatera, petugas memutuskan untuk memasang kamera trap di kawasan perkebunan masyarakat di Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur.

Petugas yang memasang kamera trap itu terdiri dari Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Langsa dan Lembaga Wildlife Conservation Society (WCS) serta didampingi aparat kepolisian dan unsur TNI.

“Pemasangan kamera trap ini untuk memantau aktivitas dan pergerakan harimau sumatera yang telah memangsa sapi warga di Banda Alam,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah SIK MH, melalui Kapolsek Banda Alam Iptu Saidir SH, kepada Waspada, Jumat (20/11).

Dijelaskan, pemasangan kamera trap persis di lokasi sapi yang dimangsa harimau, Kamis (19/10). Setelah dilakukan pemasangan kamera trap, pihaknya tentu dapat melakukan monitoring dan perkembangan di sekitar lokasi. “Tapi kita tetap mengimbau agar masyarakat tidak menggembala dan menambat hewan ternak di perkebunan, melainkan di kandangkan,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sapi milik Andi mati diduga menjadi mangsa harimau sumatera di Dusun Buket Mamplam, Panton Rayeuk T, Banda Alam, Aceh Timur, Rabu (18/10) dini hari. Saat ditemukan, sapi betina itu telah mati dan didapati luka bekas gigitan harimau dibagian punggung dan luka bekas cakaran di bagian perut. (b11).

  • Bagikan