Jelang Ramadan, Pemko Langsa Keluarkan Maklumat

- Aceh
  • Bagikan
Jelang Ramadan, Pemko Langsa Keluarkan Maklumat
Plt Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa, Tgk Fauzaruddin SPd. Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada) : Pemko Langsa bersama unsur Forkompimda Kota Langsa mengeluarkan maklumat bersama menjelang pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/ tahun 2024 Masehi.

Pj Wali Kota Langsa, Syaridin SPd, MPd, melalui Plt Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa, Tgk Fauzaruddin SPd, kepada wartawan, Jumat (1/3) menjelaskan bahwa ada 11 poin dalam makmulat tersebut yang berbunyi.

Maklumat panduan pelaksanaan Syariat Islam dan aktivitas ibadah pada bulan suci Ramadan 1445 H/ 2024 M, diminta kepada seluruh warga Kota Langsa untuk mengindahkan hal-hal sebagai berikut:

Jelang Ramadan, Pemko Langsa Keluarkan Maklumat
  1. Melaksanakan Ibadah Puasa dengan sempurna dan memperbanyak ibadah lainnya.
  2. Kepada pemilik usaha restoran, rumah makan, cafe, warung kopi dan penjual yang menyediakan menu berbuka puasa serta usaha kuliner lainnya dilarang berjualan sebelum jam 15.30 WIB.
  3. Kepada para pemilik usaha (toko, restauran, cafe, warung kopi) dan pedagang kaki lima, untuk menutup usahanya mulai jam 19.30 WIB s/d jam 21.15 WIB.
  4. Kepada masyarakat/pemilik usaha dilarang menyediakan fasilitas karaoke, hiburan musik, bilyard baik siang hari maupun malam hari.
  5. Kepada masyarakat/pemilik usaha dilarang menjual, mengedar, membakar mercon/petasan dan kembang api.
  6. Dilarang main batu domino, joker, sabung ayam, karambol (tusot) dan judi dalam bentuk lainnya di Bulan Ramadan.
  7. Dilarang kepada pengemudi kendaraan bermotor menggunakan knalpot yang tidak standart/blong, balap liar dan aktivitas lainnya yang menimbulkan kegaduhan dan mengganggu ketenteraman serta kenyamanan masyarakat.

8.Operasional warnet/playstation atau sejenisnya, dimulai jam 09.00 WIB s/d Jam 17.30 WIB.

9.Untuk yang non muslim agar dapat menghormati umat muslim yang berpuasa dan beribadah dengan tidak makan, minum, serta merokok, pada waktu siang hari di tempat-tempat terbuka.

10.Diminta kepada seluruh masyarakat untuk menghentikan seluruh aktivitas dan kegiatan pada setiap waktu salat.

11.Barang siapa yang melanggar maklumat ini dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam maklumat tersebut ditanda tangani oleh Pj Wali Kota Langsa, Syaridin SPd, MPd, Ketua DPRK Langsa, Maimul Mahdi S.Sos, Dandim 0104/Atim, Letkol Inf. Tri Purwanto SIP, Kapolres Langsa AKBP, Andy Rahmansyah SIK SH, Kajari Langsa Efrianto SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Langsa, Dini Damayanti SH.

Lalu, Ketua Mahkamah Syari’at Langsa, Ahmad Nazif Husainy SH, Ketua MPU Kota Langsa, Tgk H Salahuddin Muhammad S.Ud, MH, Ketua MAA Kota Langsa, Drs H Mursyidin Budiman, Ketua MPD Kota Langsa, DR Zainuddin MA, Kakankemenag Kota Langsa, Fadhli SAg.

“Kita berharap dengan adanya maklumat ini warga Langsa agar mentaati dan menjalankan dengan sebaik mungkin, kiranya ibadah puasa kita mendapat keberkahan dari Allah Swt,” tukasnya. (crp)

  • Bagikan