Kasdam IM: Melalui Program TMMD Rakyat Wajib Sejahtera

- Aceh
  • Bagikan
Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, didampingi Danrem 012/TU, Kolonel Inf Deni Gunawan, Pj Bupati Abdya Darmansah, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Beni Maradona, serta pejabat terkait lainnya, saat meninjau RTLH yang dibangun melalui program TMMD, di Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie. Rabu (20/3).Waspada/Syafrizal
Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, didampingi Danrem 012/TU, Kolonel Inf Deni Gunawan, Pj Bupati Abdya Darmansah, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Beni Maradona, serta pejabat terkait lainnya, saat meninjau RTLH yang dibangun melalui program TMMD, di Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie. Rabu (20/3).Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI Hadi Basuki SSos MM M.Tr (HAN), Rabu (20/3) menegaskan, tujuan utama dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), adalah membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, juga dalam memantapkan kemanunggalan TNI. Untuk itu, melalui program TMMD, rakyat wajib untuk ditingkatkan kesejahteraannya.

Hal itu ditegaskan Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, saat resmi menutup program TMMD Ke 119 Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), di Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie.

Penutupan resmi melalui upacara yang dipimpin langsung oleh Kasdam IM hari itu, turut dihadiri Komandan Korem (Danrem) 012 Teuku Umar (TU) Kolonel Inf Deni Gunawan, Pj Bupati Abdya Darmansah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, Kapolres Abdya AKBP Agus Sulistianto SH SIK, Kajari Abdya Heru Widjadmiko SH MH, Ketua DPRK Nurdianto, Abu Dayah Manyang Puskiyai Aceh Tgk H Farmadi ZA MSc, serta para tamu undangan lainnya.

Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, dalam wejangannya menyampaikan, program TMMD yang diprogramkan dan telah dilaksanakan ini, bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik, dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI.

Dengan TMMD diharapkan mampu mewujudkan percepatan pembangunan di seluruh wilayah. Kasdam IM mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong royong, untuk membangun daerah masing-masing, sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan kedepan. “Pesan kami, sarana penunjang dalam berusaha sudah ada, berusahalah semaksimal mungkin. Namun jangan sekali-kali meninggalkan doa kita kepada sang Pencipta. Seimbangkan doa dan usaha. Agar kita menjadi orang-orang yang beruntung. Amiin,” wejang Kasdam IM.

Kasdam IM juga berpesan kepada semua kalangan, khususnya kepada anggota Satgas TMMD, serta masyarakat, agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, guna mengembangkan potensi daerah masing-masing menjadi lebih maju. Sehingga dapat bersaing dengan wilayah lainnya.

Diharapkan juga, selalu memelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat hingga anak cucu. “Terakhir, kami minta kepada Dansatgas TMMD ke 119, segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD, untuk dijadikan bahan perbaikan kedepannya,” pungkas Kasdam IM Hadi Basuki.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, selaku Dansatgas TMMD mengatakan, program TMMD 119 Kodim 0110/Abdya di Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie, selama 30 hari tersebut mempunyai 2 sasaran. Yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Sasaran fisik diantaranya membangun akses jalan di pegunungan sepanjang 3.000 meter, untuk mempermudah masyarakat saat hilir mudik ke lokasi perkebunan. Di lokasi setempat juga dibangun sasaran fisik lainnya berupa jembatan dan gorong-gorong, serta pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) bagi kaum dhuafa yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Sedangkan sasaran non fisik dengan membangun pola psikis masyarakat, melalui ragam penyuluhan/sosialisasi. Diantaranya tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, narkoba, KB kesehatan, reboisasi dan bhakti kesehatan untuk pencegahan stunting.(b21)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *