Kecamatan Darul Imarah Gelar Musrenbang

- Aceh
  • Bagikan
Kecamatan Darul Imarah Gelar Musrenbang

KOTA JANTHO (Waspada): Asisten II Sekda Aceh Besar, M Ali membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Darul Imarah, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Besar untuk tahun 2025.

Musrenbang yang bertema “Memantapkan reformasi birokrasi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pembangunan kawasan unggulan yang berkelanjutan,” berlangsung di Aula UDKP Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Senin (25/3).

Pada kesempatan itu, atas nama Pj Bupati Aceh Besar, M Ali menyampaikan meskipun keterbatasan anggaran terjadi di Aceh Besar, namun Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan terus berupaya untuk melakukan pembangunan infrastruktur dari segala sektor. Sektor-sektor tersebut merupakan bagian yang berkaitan erat dengan masyarakat, dan bahkan mampu meningkatkan perekonomian serta mengurangi angka kemiskinan.

Kecamatan Darul Imarah Gelar Musrenbang
Asisten II Sekdakab Aceh Besar, M Ali SSos, MSi memberikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang Kecamatan Darul Imarah RKPD Aceh Besar Tahun 2025, di Aula UDKP Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Senin (25/3). (Waspada/Ist)

Oleh karena itu, Ali menyarankan agar program usulan yang tertuang dalam Musrenbang kecamatan mampu memberikan dampak secara lebih luas. “Program pemerintah itu dapat meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan. Dikarenakan keterbatasan anggaran, program-program yang diusulkan harus dapat memberikan dampak yang nyata bagi seluruh lapisan masyarakat dengan skala kecamatan,” ujarnya,

Menurutnya, selain menyepakati usulan rencana pembangunan dan memberikan saran dalam penyusunan RKPD, Musrenbang tersebut juga menjadi momen penting untuk saling bersilaturrahmi guna memperkuat sinergitas dari setiap lapisan masyarakat.

“Musrenbang ini juga menjadi momen untuk saling bersilaturrahmi dan memperkuat kerjasama dari setiap elemen masyarakat. Baik itu dari pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan hingga pemerintahan dalam gampong,” ucap M Ali.

Sementara itu, Camat Darul Imarah M Basir menyatakan bahwa Kecamatan Darul Imarah merupakan salah satu kecamatan di Aceh Besar yang berbatasan langsung dengan Kota Banda Aceh atau pusat ibukota provinsi. Oleh karena itu, program prioritas yang akan diusulkan dalam Musrenbang harus lebih mengutamakan pada pembangunan infrastruktur untuk mengikuti perkembangan yang terjadi di Kota Banda Aceh.

“Karena kita berdampingan langsung dengan ibukota provinsi, maka kita harus lebih mengutamakan pada pembangunan infrastruktur,” ungkapnya.

Selain itu, M Basir berharap, hasil Musrenbang di Kecamatan Darul Imarah dapat menjadi program prioritas dalam penyusunan RPJM di tahun 2025 nantinya. Kemudian, Ia mengharapkan saran serta bimbingan dari Pemkab Aceh Besar guna membawa Kecamatan Darul Imarah ke arah yang lebih baik.

“Melalui Musrenbang ini, kami harap Asisten Sekda Aceh dan kepala OPD yang hadir memberikan saran dan membimbing Kecamatan Darul Imarah menjadi lebih maju dan berkembang,” pungkasnya.

Turut hadir pada Musrenbang RKPK tingkat Kecamatan Darul Imarah, Perwakilan Bappeda, DPMG, Dinas Syariat Islam, Disdikbud, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Forkopimcam Darul Imarah, serta para perangkat gampong, tokoh mudan dan perempuan se kecamatan Darul Imarah. (b05)

  • Bagikan