Kemensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang Agara

- Aceh
  • Bagikan

KUTACANE (Waspada); Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama Sekdakab Aceh Tenggara, mengunjungi lokasi banjir bandang dan banjir sungai di Kecamatan Semadam dan beberapa wilayah lainnya, Senin (18/4).

Dalam kunjungannya ke Desa Lawe Beringin Gayo, lokasi yang paling parah terdampak banjir bandang Aceh Tenggara, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Joko S, didampingi Sekdakab Mhd Ridwan, Kalaksa BPBD Nazmi Desky, Plh Kadis Sosial, Bahagiawati, Asisten III Setdakab, Sudirman dan Camat Semadam, Ary Syafrizal Arma, merasa prihatin melihat kerusakan yang disebabkaan banjir bandang pekan lalu.

Selain melihat langsung rumah warga yang hanyut, rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan serta pembagian paket bantuan dari kemensos RI, Direktur PSKBA Joko.S juga meninjau fasilitas pemerintah yang rusak dan pendirian dapur umum Dinas Sosial dan Tagana di Dusun Pinang Baris Desa Lawe Beringin Gayo.

Usai berdialog dengan beberapa warga korban terdampak banjir badang, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam juga menyapa dan berdialog dengan Tagana dan petugas sosial lainnya seraya bertolak menuju Desa Simpang Semadam melakukan dialog dengan pemangku kepentingan lainnya.

Kemensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang Agara
Rumah warga Dusun Pinang Baris Desa Lawe Beringin Gayo ambruk setelah dihantam kayu dan batu besar pada musibah banjir bandang, pekan lalu. Waspada/ Ali Amran

Camat Semadam, Ary Syarizal Arma menyampaikan, berdasarkan pendataan yang telah dilakukan secara akurat dari rumah ke rumah, akibat banjir bandang Kamis (14/4) malam lalu, tercatat 98 rumah atau KK yang terdampak banjir, mulai dari rumah yang rusak berat 41 unit (hanyut) dan 29 unit rusak sedang, sementara sisanya rusak ringan.

Kemensos Siap Bantu

Di hadapan Sekdakab, Kadis Sosial,Kalaksa BPBD, Asisten, Camat, Danramil dan Kapolsek Semadam, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, (PSKBA) Joko. P menyampaikan rasa prihatin melihat besarnya dampak yang timbul akibat bencana alam banjir bandang dan banjir sungai yang terjadi di desa Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam.

Untuk itu, Joko meminta Pemkab Aceh Tenggara agar segera mengajukan pembangunan rumah warga yang rusak berat dan rusak sedang akibat musibah bencana alam banjir bandang di Aceh Tenggara. “Kita siapkan dana untuk membeli bahan bangunan rumahnya nantinya,”ujar Joko.

Kemensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang Agara
Korban banjir bandang Lawe Beringin Gayo, menerima bantuan masa panik dari pihak berkompeten, Senin (18/4). Waspada/Ali Amran

Namun jika memungkinkan lagi, mengingat daerah Semadam khususnya Lawe Beringin Gayo memang merupakan daerah langganan banjir bandang, kita dari Kemensos siap membantu pembangunan rumah korabn banjir, namun untuk lahannya jika rumah warga yang dbangun direlokasi, Pemkab yang harus menyediakan lahannya.

“Namun untuk tahap awal kita mengharapkan Pemkab Agara melalui bupati segera mengajukan usulan ke Kemensos, seraya mengajukan pembangunan lumbung Sosial di daerah rawan bencana alam,” pungkas Direktur PSKBA, Joko. P seraya menambahkan jika beberapa hari sebelumnya pihak kemensos telah menyerahkan bantuan pada korban banjir di Aceh Tenggara.

Sekdakab, Mhd Ridwan dalam arahannya meminta Dinas Sosial, Camat dan BPBD serta OPD terkait lainnya, segera membuat usulan pembangunan rumah korban banjir bandang seraya melampirkan kronologis musibah banjir bandang yang berulangkali terjadi di Desa Lawe Beringin Gayo dan wilayah lainnya di Aceh Tenggara.

Usai berdialog dan bersilaturrahmi, Sekdakab dan Direktur PSKBA melanjutkan kunjungan ke lokasi banjir sungai lainnya di Kecamatan Bambel dan Lawe Sumur serta wilayah lainnya yang terdampak banjir.(b16)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *