Kepedulian Itha Padang, Angkat Etnis Pakpak

  • Bagikan
Itha Padang, diantara penari Pakpak binaannya. (Waspada/Ist)
Itha Padang, diantara penari Pakpak binaannya. (Waspada/Ist)

SUBULUSSALAM (Waspada): Kepedulian Itha Padang, warga Pakpak yang berdomisili di Jakarta, sukses mengangkat kebudayaan etnis Pakpak melalui tari. Di samping pencipta, pengajar dan pelatih tari, Itha juga narasumber tari dan koreo tari pada berbagai kesempatan.

Dikonfirmasi melalui WA-nya, Minggu (10/3), Itha yang sangat peduli terhadap etnis leluhurnya Pakpak, sebut jika sejak Agustus hingga saat ini kelompok tari Pakpak binannya telah mengikuti sejumlah lomba tari di Jakarta dan sukses meraih Juara I dan II, bahkan Juara Umum.

Dikatakan, lomba tari digelar Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jakarta Timur, Januari 2024, lima tim dikirim semua meraih juara.

Dirinci, Tari Merre Kembaen Kategori Rampak SD Kelas I – III Juara Umum dan Juara I. Pada Kategori Rampak SD Kelas IV – VI Juara I, Kategori Tunggal SD Juara I, Kategori Tunggal  SMP Juara II dan Kategori Rampak SMP Juara II.

Kepedulian Itha Padang, Angkat Etnis Pakpak
Penari binaan Itha Padang, Juara I Lomba Tari Tradisional Nusantara Tingkat Nasional di Gedung DPR RI, Maret lalu. (Waspada/Ist)

Sementara pada Lomba Parade Tari se-Indonesia Tingkat Provinsi diikuti 35 provinsi mewakili Sumatra Utara, Pakpak masuk tiga penyaji terbaik. Lalu, 27 Februari 2024 lomba tari di Gedung DPR/MPR diselenggarakan DPR Bidang Kebudayaan, dua tim dikirim sukses meraih Juara I dan III.

Agenda Lomba Tari Tradisional Nusantara Tingkat Nasional di tempat serupa, 8 Maret 2024 yang diselenggarakan Kementerian Agama RI, Tari Merre Kembaen dan Tari Dembas Oang-Oang masing-masing manjadi Juara I dan II. Tak cuma itu, pada grand final meraih Juara I Tari, Juara I Kostum Terbaik dan Juara I Make up Terbaik.

Itha Padang, pencipta tari tersebut dan pelatih/pengajar tari di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) anjungan Sumatera Utara ini menegaskan, sejak Agustus 2023 hingga 8 Maret 2024 setidaknya 16 kali etnis Pakpak ikut lomba dan selalu mendapat Juara I, II dan dua kali mendapat Juara III.

Pemilik nama asli Nurihta Padang BTH, lebih populer dengan panggilan Itha ini sering melakoni juri tari, salah satunya pekan depan pada Lomba Tari Simalungun, Sabtu 16 Maret.

“Tanggal 16 Maret 2024 ini, saya diundang menjadi juri Lomba Tari Simalungun,” pesan Itha. (b17)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *