Ketua Panwaslih Langsa, PTPS Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024

- Aceh
  • Bagikan
Ketua Panwaslih Langsa, PTPS Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024
Kegiatan Pelantikan, Bimtek dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 bagi PTPS oleh Panwaslucam Langsa Barat, di Aula Gedung SMA Negeri 1 Langsa, Senin (22/1).Waspada/Munawar

LANGSA (Waspada): Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) merupakan sebagai ujung tombak dalam proses pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 yang tinggal beberapa hari lagi.

Demikian Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Langsa Taufiqurrahman pada kegiatan pembekalan bagi 105 PTPS Se-Kecamatan Langsa Barat usai kegiatan Pelantikan, di Aula Gedung SMA Negeri 1 Langsa, Senin (22/1).

“Selamat kepada 489 kawan-kawan PTPS yang baru saja dilantik dalam wilayah Kota Langsa, semoga sahabat Bawaslu ini dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, ia juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, Panwaslucam, PKD dan PTPS untuk bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sahabat PTPS sebagai ujung tombak terdepan Bawaslu, jadi harus bekerja dengan penuh integritas dan profesionalitas agar tercipta pemilu yang berkualitas, berintegritas, bersih, transparan, umum, bebas, langsung dan jurdil,” harap Taufiqurrahman.

Ketua Panwaslucam Langsa Barat Muhammad Reza S, Sos, I dalam sambutannya mengucapkan, selamat kepada sahabat PTPS yang sudah dilantik dan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan segala sesuatu dalam rangka kegiatan Pelantikan, Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu serentak tahun 2024.

Ketua Panwaslih Langsa, PTPS Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024

“Rekan-rekan yang dilantik hari ini sebanyak 105 orang adalah orang-orang pilihan sesuai kuota TPS yang dibutuhkan dalam kecamatan Langsa Barat, karena sudah lolos tahapan-tahapan seleksi diantara 187 calon PTPS yang mendaftar,” ujarnya.

Dijelaskannya, sahabat PTPS yang dilantik merupakan orang pilihan dari hasil seleksi yang ketat dan mereka lolos dari tes administrasi serta tes wawancara berdasarkan pedoman dalam pembentukan PTPS.

“Dalam hal ini kami, mengharapkan kepada PTPS agar benar-benar menguasai dan memahami tugas dan kewenangan serta kewajiban sebagai sahabat PTPS didalam proses pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu 2024 dapat berjalan lancar tanpa ada kecurangan dan berjalan sukses,” harap Muhammad Reza.

Adapun, prosesi pelantikan dengan pengucapan Ikrar Sumpah Janji PTPS oleh Ketua Panwaslucam Langsa Barat yang diikuti para anggota PTPS disaksikan Forkopimcam dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Fakta Integritas serta penyerahan SK secara simbolis oleh Kordiv HP2H Zia Ulla Maulani kepada Basyaruddin perwakilan PTPS dari Gampong Paya Bujok Teungoh.

Dilanjutkan, dengan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi bagi sahabat PTPS terkait pengawasan pemilu serentak tahun 2024 yang diisi dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan Pelantikan, Bimtek dan Sosialisasi bagi PTPS oleh Panwaslucam Langsa Barat turut dihadiri, Ketua Panwaslih Kota Langsa Taufiqurrahman, Camat Langsa Barat, Hadi Wijaya S.STP M.AP, Danramil Langsa Barat Kapten Inf Sukamto, Kapolsek Langsa Barat Iptu Hufiza Fahmi, SH dan Geuchik dalam wilayah Langsa Barat.

Hadir juga Ketua PPK Langsa Barat Tarmizi, SE, MH para Ketua Panwaslucam Langsa Barat Muhammad Reza, S, Sos, I bersama dua anggotanya, Zia Ulla Maulani dan Ismail, SE, Kepala Sekretariat Teuku Khaidir, SE serta seluruh staf, selanjutnya anggota PKD dari 13 Gampong dalam wilayah Langsa Barat serta tamu undangan lainnya. (b24)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *