KIP Aceh Tamiang Mulai Sortir Dan Lipat Surat Suara

- Aceh
  • Bagikan
KIP Aceh Tamiang Mulai Sortir Dan Lipat Surat Suara
Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra, Kapolres AKBP Muhammad Yanis dan unsur terkait lainnya saat memperlihatkan kertas surat suara dalam kegiatan seremonial sortir pelipatan kertas surat suara yang dilaksanakan KIP setempat, Selasa (16/1) di GOR Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru. Waspada/Yusri

ACEH TAMIANG (Waspada): Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang mulai melakukan sortir dan pelipatan kertas surat suara dalam prosesi seremonial yang dibuka langsung Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra pada Selasa (16/1) di gedung olahraga Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru.

Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti dalam kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya selaku penyelenggara pemilu 2024 akan terus mempersiapkan segala hal untuk menjamin suksesnya penyelenggaraan pemilu nantinya.

“Salah satu hal yang paling pokok adalah ketersediaan logistik Pemilu, baik itu surat suara, alat pencoblosan dan alat hitung, kotak suara dan bilik TPS, semuanya harus lengkap tersedia di lokasi TPS sebelum pemilihan dimulai,” ujarnya.

Ditegaskan Rita, pihaknya juga akan terus bekerja keras bersama jajaran dan tentunya juga dibantu oleh pemerintah daerah, TNI- Polri dan Panwaslih. “Pelipatan surat suara ini bertujuan untuk memudahkan proses pemungutan suara di TPS nantinya,sekaligus untuk mengecek ada tidaknya kerusakan pada surat suara, seperti sobek, buram, adanya noda dan sebagainya,” terangnya.

Menurutnya, jika ada pensortir menemukan adanya surat suara yang rusak segera laporkan pada petugas staf KIP Aceh Tamiang, sedangkan untuk melipat surat suara pastikan sesuai petunjuk dari petugas staf KIP.

“Jangan ada yang keliru seperti terbalik, jika ada hal yang tidak jelas harus ditanyakan, karena jika salah nanti harus diulang kembali,” ungkap Rita.

Hal yang penting diperhatikan adalah pada saat melipat kertas suara harus dengan tertib dan fokus,jangan sampai ada yang merusak surat suara. “Kalau ada dari petugas yang menjadi Caleg atau pengurus partai, maka tidak boleh terlibat melipat surat suara, karena nanti akan memunculkan praduga yang negatif terkait independensi petugas,” jelas Rita.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muhammad Yanis, SIK menerangkan, surat suara yang dilipat adalah dokumen negara yang harus benar- benar cermat dalam melipatnya. “Diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” pintanya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra menjelaskan, kelangsungan 5 tahun kedepan ditangan bapak-ibu, bila ada ditemukan surat suara yang rusak segera diserahkan ke panitia.

“Mari bersama-sama sukseskan Pemilu serentak 2024 ini, kita tidak mau, kabupaten kita ini dianggap tidak siap dalam Pemilu 2024,” ajak Asra seraya menambahkan, karena itu semua elemen masyarakat harus serius mensukses Pemilu.(b15)

  • Bagikan