KIP Aceh Tamiang Umumkan Ada Ratusan Lembar Surat Suara Rusak

- Aceh
  • Bagikan
KIP Aceh Tamiang Umumkan Ada Ratusan Lembar Surat Suara Rusak
Antusiasnya warga yang bekerja melakukan sortir dan pelipatan kertas surat suara yang sudah tuntas dilaksanakan KIP Aceh Tamiang, Jumat (19/1). kemarin. Waspada/Yusri

ACEH TAMIANG (Waspada): Komisi Independen Pemilihan (KIP) mengumumkan ada ratusan surat suara rusak pada proses pelipatan dan sortir kertas surat suara Pemilu Serentak 2024 di Aceh Tamiang telah selesai dilakukan KIP Aceh Tamiang, Jumat (19/1) sore.

“Berdasarkan data, total 1.065.184 surat suara yang diterima dan terdapat sebanyak 490 surat suara dinyatakan rusak,” kata Rita Afrianti, Ketua KIP Aceh Tamiang kepada Wartawan Sabtu (20/1) dan menyampaikan, bahwa jumlah surat suara yang dinyatakan rusak akan dilaporkan ke KPU RI untuk minta pergantian.

Rita merincikan, jumlah surat suara yang dinyatakan rusak terdiri dari 12 surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), 33 surat suara DPD RI serta 83 surat suara DPR RI rusak.

Sedangkan, untuk DPR Aceh Dapil Aceh VII juga ditemukan 233 surat suara rusak, DPRK Dapil 1 ditemukan 35 surat suara rusak, DPRK Dapil II ditemukan 25 surat suara rusak, DPRK Dapil Aceh Tamiang III ditemukan 41 surat suara rusak dan DPRK Dapil Aceh Tamiang IV ditemukan 28 surat suara rusak.

Menurutnya, tahap selanjutnya KIP Aceh Tamiang akan mendistribusikan logistik Pemilu secara berjenjang ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Secara keseluruhan Rita juga menjelaskan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 208.434 jiwa dengan rincian 104.225 orang pemilih laki- laki dan 104.209 orang pemilih perempuan.

“Total seluruh DPT di Aceh Tamiang tercatat sebanyak 208.434 jiwa,semuanya tersebar di 12 kecamatan dan 216 kampung dan 913 TPS,” ujar Rita Afrianti.

Disisi lain Ketua KIP Aceh Tamiang ini juga menghimbau kepada semua pemilihan agar dapat berperan menyukseskan Pemilu 2024.

“Kita harus sama – sama ikut ambil andil menyukseskan Pemilu 202, untuk itu,saya berharap masyarakat daerah ini pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang agar ramai – ramai datang ke TPS sesuai DPT dan berikan hak suara dengan mencoblos sesuai dengan hati nurani kita,” pungkas Rita Afrianti. (b15)

  • Bagikan