KIP Langsa Gelar Rapat Evaluasi Bersama 305 Badan Adhoc

- Aceh
  • Bagikan
Ratusan peserta meliputi PPK dan PPS saat mengikuti rapat evaluasi kesiapan pemilu tahun 2024 bagi Badan Adhoc dalam wilayah Kota Langsa, di Vitra Convention Hall Langsa, Sabtu (10/2). Waspada/Rapian
Ratusan peserta meliputi PPK dan PPS saat mengikuti rapat evaluasi kesiapan pemilu tahun 2024 bagi Badan Adhoc dalam wilayah Kota Langsa, di Vitra Convention Hall Langsa, Sabtu (10/2). Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada) : Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menggelar rapat evaluasi kesiapan pemilu tahun 2024 bagi Badan Adhoc dalam wilayah Kota Langsa, di Vitra Convention Hall Langsa, Sabtu (10/2).

Rapat evaluasi yang digagas KIP Kota Langsa ini dihadiri oleh 305 peserta dari Badan Adhoc yang melibatkan PPK dan sekretaris, PPS dan sekretarisnya se-Kota Langsa.

Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST, saat membuka rapat evaluasi mengatakan bahwa tujuan rapat evaluasi ini adalah untuk menyamakan persepsi hingga tingkat paling bawah.

KIP Langsa Gelar Rapat Evaluasi Bersama 305 Badan Adhoc
Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST, saat membuka rapat evaluasi kesiapan pemilu tahun 2024 bagi Badan Adhoc dalam wilayah Kota Langsa, di Vitra Convention Hall Langsa, Sabtu (10/2).
Waspada/Rapian

“Keinginan KIP Kota Langsa dalam menyambut helatan pemilu tidak ada kendala hingga tingkatan paling bawah makanya dilaksanakan rapat evaluasi ini,” kata Ridwan.

Lanjutnya, kenapa harus menyamakan persepsi kapada badan adhoc karena ini sangat penting agar tidak adanya silang pendapat nantinya di lapangan.

Maka yang pertama menyamakan persepsi menyakut proses pemungutan suara, rekapitusi, logistik, keuangan dan lainnya, karena setelah tanggal 14 Februari nanti adanya rekap di tingkat kecamatan.

Kedua, kenapa sekretaris PPK dan PPS di undang karena sejauh ini tidak pernah diundang, tapi kali ini kita libatkan karena sangat penting fungsi dan tugas mereka dalam pelaksanaan pemilu.

Kemudian, PPS harus memberitahu kepada KPPS dalam proses pemungutan suara di TPS, KPPS juga sudah disumpah untuk memegang teguh, begitu juga jadwal penutupan TPS harus diketahui.

“Ini semua tahapan harus dapat dipahami oleh semua PPK, PPS hingga KPPS agar pemilu berjalan dengan baik tanpa adanya kendala, ini tugas negara yang ada dipundak penyelenggara,” tegas Ridwan.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, KIP Kota Langsa, M Al Fadhal M.Si, menambahkan bahwa tehnis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara yang dilakukan oleh KPPS harus sesuai ketentuan dan yang telah di sosialisasikan.

“Kita berharap semua badan adhoc dari PPK, PPS dan KPPS menjalankan tugas dan fungsinya agar pemilu berjalan dengan baik, jadilah penyelanggaraan yang mumpuni dan baik,” pinta Al Afdal.

KIP Langsa Gelar Rapat Evaluasi Bersama 305 Badan Adhoc
Sekretaris KIP Kota Langsa, H Muhammad Dahlan S.Sos.I, saat melaporkan paparnya dalam rapat evaluasi kesiapan pemilu tahun 2024 bagi Badan Adhoc dalam wilayah Kota Langsa, di Vitra Convention Hall Langsa, Sabtu (10/2).
Waspada/Rapian

Sementara itu Sekretaris KIP Kota Langsa, H Muhammad Dahlan S.Sos.I, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan rapat evaluasi ini merupakan putusan Ketua KIP Kota Langsa untuk melakukan rapat evaluasi.

Kata H Dahlan, selain rapat evaluasi juga KIP Kota Langsa melakukan persiapan untuk monitoring kepada PPK, PPS dalam wilayah Kota Langsa, baik itu terkait penyaluran keuangan, logistik serta kesehatan para penyelenggara atau badan Adhoc.

Menjadi catatan bersama logistik pemilu juga dilakukan pada hari Selasa (13/2) begitu juga dengan penyaluran keuangan ke KPPS segera disalurkan, artinya rapat evaluasi ini adalah penyampaian informasi secara lengkap kepada badan adhoc dan berikan informasi lengkap kepada masyarakat dalam proses pemungutan suara.

“Jangan sampai ada kendala yang berakibat terkendala dalam Pemilu begitu juga soal keuangan tidak ada perbedaan, harus seragam dan tersampaikan dengan benar serta jangan ada pemotongan apapun dan sampaikan seutuhnya kepada KPPS berikut anggotanya,” tandas H Dahlan.

Hadir Sekcam Langsa Barat, Rudi Setiawan, perwakilan Kodim 0104/Atim, Polres Langsa serta undangan lainnya. (crp).

  • Bagikan