KIP Langsa Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu

- Aceh
  • Bagikan
KIP Langsa Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa saat melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2024 di Aula kolam renang Virta Convention Hall Langsa, Minggu (3/3).Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2024 di Aula Vitra Tirta Raya Convention Hall Langsa, Minggu (3/3).

Hadir dalam pleno tersebut Pj. Wali Kota Langsa, Syaridin, S.Pd., M.Pd, Ketua DPRK Langsa, Maimul Mahdi, S.Sos, Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, SIK., SH., MH, Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol. Inf. Tri Purwanto, S.I.P, Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Dini Damayanti, SH, Kajari Langsa Efrianto, Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan, Ketua Bawaslu Kota Langsa Taufiqurrahman, Wakapolres Kompol Dheny Firmandika, seluruh komisioner KIP dan Bawaslu Kota Langsa, Kaban Kesbangpol dan para Camat, para PPK di wilayah Kota Langsa, pimpinan parpol dan undangan.

Sekretaris KIP Kota Langsa, Muhammad Dahlan, S.Sos dalam laporannya menyatakan, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 ini tahapan yang sangat penting yang merupakan lanjutan dari
rangkaian tahapan Pemilu yang sudah terlaksana sejak Tanggal 14 Juni 2022 sampai dengan hari pemilihan, tanggal 14 Februari 2024.

Menurutnya, pelaksanaan pemungutan suara di wilayah Kota Langsa di 5 kecamatan dengan jumlah 489 TPS yang tersebar di 66 gampong. Kemudian pada tanggal 18 Februari, seluruh PPK di 5 kecamatan secara serentak melaksanakan proses tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari seluruh TPS.

“Alhamdulillah semua tahapan ini telah berjalan, meskipun terdapat riak-riak kecil, ini merupakan bagian dari proses,” sebutnya.

Selain itu, KIP Kota Langsa sebagai penyelenggara pemilu tentunya berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU No. 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum, PKPU No. 5 Tahun 2024 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, dan keputusan KPU RI No. 219 Tahun 2024 tentang Petunjuk Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dalam Pemilihan Umum.

“Terimakasih atas bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat, pemerintah, pihak keamanan, Bawaslu dan pihak lainnya serta seluruh badan adhoc sebagai penyelenggara pemilu yang telah menyukseskan pesta demokrasi, pemilu di Kota Langsa,” imbuh Dahlan.

Sementara Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama peserta Pemilu atas partisipasi dan dukungannya dalam mensukseskan Pemilu 2024 di Kota Langsa.

Menurutnya, pihaknya sebagai penyelenggara telah melakukan proses tahapan Pemilu dimulai dari sosialisasi, kampanye dan pencoblosan. “Alhamdulillah semuanya berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali. Meskipun ada dinamika sedikit di lapangan, itu dapat diatasi dengan bijak karena semuanya bagian dari perjalanan proses politik,” ungkapnya.

Selanjutnya, hari ini kita masuki proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kota Langsa. Kita mohon dukungan semua pihak yang hadir agar proses ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Ridwan juga mengutarakan, terimakasih atas sportivitas, atas perhatian dan jasa semua pihak yang telah menyukseskan proses tahapan pemilu.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan berikan apresiasi setinggi-tingginya dan penghargaan kepada jajaran keamanan, baik TNI maupun Polri yang selalu mendampingi KIP Kota Langsa dalam semua tahapan Pemilu 2024 agar dapat berjalan aman dan terciptanya suasana yang kondusif,” tuturnya. Ridwan.

Pj Wali Kota Langsa, Syaridin, SPd. MPd menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam proses demokrasi pada tanggal 14 Februari lalu, baik sebagai pemilih maupun sebagai calon pemimpin.

“Partisipasi aktif ini adalah tonggak penting dalam memperkuat fondasi demokrasi kita,” katanya.

Syaridin juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk Komisi Independen Pemilihan KIP Kota Langsa, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

“Kerja keras dan dedikasi saudara-saudara membantu mewujudkan pesta demokrasi yang transparan dan adil juga kepada pihak kepolisian dan TNI yang telah turut serta menjamin keamanan selama pemilu dan sampai saat ini,” ujarnya.

Hari ini, lanjutnya, kita bersama-sama menanti hasil akhir yang akan menentukan siapa yang akan menjadi anggota Legislatif di DPRK Langsa khususnya serta perolehan suara bagi anggota DPRA dan DPR RI serta DPD.

Syaridin menegaskan, semua pihak harus diingatkan dan menghargai semua hasil perhitungan dan penetapan ini merupakan cerminan kehendak rakyat dan harus menghormati dan menerima hasilnya dengan lapang dada.

Ia juga mengajak semua pihak baik pemenang maupun yang tidak berhasil, untuk bersatu kembali sebagai satu komunitas.

“Mari kita tinggalkan perbedaan politik dan fokus pada pembangunan bersama. Keberagaman kita adalah kekayaan, dan dengan bersatu kita dapat mencapai kemajuan yang lebih baik dan saya mengajak seluruh warga Kota Langsa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan pembangunan Kota Langsa yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera,” tutup Syaridin.(b13)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *