Kodim 0104/Atim Gagalkan Penyelundupan 75 Kg Ganja Di Peunaron

  • Bagikan
Barang bukti dan tersangka diserahkan ke Polres Aceh Timur oleh Pasi Intel Kodim 0104/Atim Kapten Chb Ropingi Akhir Saputro yang diterima Kasat Narkoba Polres Aceh Timur Iptu Yudha Prasatya, S.H, Jumat (12/1). Waspada/ist
Barang bukti dan tersangka diserahkan ke Polres Aceh Timur oleh Pasi Intel Kodim 0104/Atim Kapten Chb Ropingi Akhir Saputro yang diterima Kasat Narkoba Polres Aceh Timur Iptu Yudha Prasatya, S.H, Jumat (12/1). Waspada/ist

ACEH TIMUR (Waspada): Personel Kodim 0104/Aceh Timur menggagalkan penyelundupan 75 kg narkotika jenis ganja kering siap edar di Jalan Lintas Peureulak-Lokop, Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P dalam laporannya, Jumat (12/1) mengatakan, ganja tersebut diamankan oleh anggota Koramil 01/Peunaron dan Unit Intel Kodim 0104/Atim sekitar jam 06:30.

Menurutnya, ganja kering tersebut dibungkus di dalam karung oleh tersangka yang berinisial SG, 34, petani, yang dikemas di dalam empat karung dan dibawa menggunakan mobil Mitsubishi Expander dengan nopol BL 1170 BB.

Kodim 0104/Atim Gagalkan Penyelundupan 75 Kg Ganja Di Peunaron

“Ada empat karung ganja yang beratnya mencapai 75 kg,” ujar Dandim.

Saat ini barang bukti dan tersangka tersebut telah diserahkan ke Polres Aceh Timur oleh Pasi Intel Kodim 0104/Atim Kapten Chb Ropingi Akhir Saputro dan diterima Kasat Narkoba Polres Aceh Timur Iptu Yudha Prasatya, S.H bersama barang bukti antara lain tersangka SG, ganja dengan seberat 75 kg (setelah ditimbang oleh unit Narkoba Polres Aceh Timur), mobil jenis Mitsubishi Expander BL 1170 BB, handphone yang nantinya untuk diperiksa lebih lanjut .

Dandim 0104/Atim menyampaikan bahwa keberhasilan ini berkat kerja sama yang solid antara TNI dan masyarakat. Tim intelijen kami mendapatkan informasi vital, yang memungkinkan kami untuk merancang operasi yang sukses dan mengamankan ganja kering tersebut.

Diutarakannya, faktor kunci adalah sinergi antara berbagai lembaga penegak hukum, koordinasi yang baik, dan penggunaan teknologi canggih dalam pengintaian. Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam memberikan informasi penting sangat membantu.

“Kodim memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini. Kami terus meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama dengan instansi terkait untuk menanggulangi berbagai ancaman, termasuk penyelundupan narkoba”.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0104 Aceh Timur mengajak masyarakat untuk terus mendukung upaya penegakan hukum dengan memberikan informasi yang berguna. “Keamanan wilayah bukan hanya tanggung jawab TNI dan kepolisian, tetapi juga tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Kodim 0104/Atim Gagalkan Penyelundupan 75 Kg Ganja Di Peunaron

Sementara Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, SH, menyampaikan apresiasi dan bangga kepada para prajuritnya yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam mengamankan wilayah, baik keamanannya maupun mengantisipasi barang illegal.

“Saya merasa bangga dan berterima kasih dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh Kodim 0104/Atim. Saya berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan serta ditingkatkan lagi dan jangan dinodai dengan hal-hal kecil yang dapat mencoreng nama baik TNI-AD,” katanya.

Seluruh pihak, sambungnya, baik TNI-Polri, BNN, dan instansi terkait dalam hal ini telah berkomitmen untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam mencegah masuknya barang haram tersebut yang dapat merusak generasi muda. “Selain itu, peran dari masyarakat setempat juga sangat diperlukan agar upaya-upaya yang saat ini kita lakukan dapat tercapai dan sukses,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan penyerahan di Polres Aceh Timur tersebut antara lain Danramil 01/Pnr Kapten Inf Mashudi, Dan Unit Intel Kodim 0104/Atim Letda Inf Mirza Fahrul Delfi, dan anggota, personel Koramil 01/Pnr Kodim 0104/Atim, dan personel Sat Narkoba Polres Aceh Timur.(b13)

  • Bagikan