Kolaborasi Gemilang Mahasiswa Dan Dosen FEBI IAIN Langsa Dalam Konferensi Internasional

  • Bagikan
Para dosen dan mahasiswa IAIN Langsa dari kiri ke kanan, Tajul ula, M.SI, Shelly Midesia, M.Si, Mitha Rizky Ilahi, Nurjanah,M.Ek, Juli Dwina Puspita Sari, M.Bus (Adv), Rafiza zuliani, M.Sh, Agustinar, M.E.I, Ismahani, Dhiyaul Fayyadh melakukan foto bersama usai presentasi di UIN Mataram. (Waspada/Ibnu Sa'dan)
Para dosen dan mahasiswa IAIN Langsa dari kiri ke kanan, Tajul ula, M.SI, Shelly Midesia, M.Si, Mitha Rizky Ilahi, Nurjanah,M.Ek, Juli Dwina Puspita Sari, M.Bus (Adv), Rafiza zuliani, M.Sh, Agustinar, M.E.I, Ismahani, Dhiyaul Fayyadh melakukan foto bersama usai presentasi di UIN Mataram. (Waspada/Ibnu Sa'dan)

LANGSA (Waspada): Enam mahasiswa dan tujuh dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa membanggakan institusinya dengan berkolaborasi sebagai presenter pada International Conference on Finance Business and Banking (ICFBB) selama dua hari Senin dan Selasa (27-28/11) di UIN Mataram.

Salah satu sorotan adalah presentasi dari mahasiswa Nur Ismahani yang bersama dosennya Agustinar, M.EI, dan Tajul ‘Ula, M.Si, menyajikan artikel berjudul “Shariah Finance Transformed: Digital Literacy And Inclusion To Combat Illegal Online Loan Traps.” Artikel ini mengungkap fenomena transformasi keuangan digital dan strategi untuk melawan perangkap pinjaman online ilegal melalui peningkatan literasi dan inklusivitas keuangan.

Dosen Nurjanah, M.Ek, bersama mahasiswanya Syarifah Faqrah Rizky Fadhillah, Mitha Rizky Illahi, dan Putri Meiliana menyoroti dampak penggunaan Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) Bank Syariah dalam artikel berjudul “Dampak Penggunaan Qris Bank Syariah Dalam Meningkatkan Minat Berinfaq Masyarakat Kota Langsa.”

Mereka menjelaskan bagaimana keuangan digital, khususnya Qris, mempengaruhi minat berinfaq masyarakat.

Mahasiswa Dhiyaul Fayyadh dan para dosen, termasuk Nanda Safarida, ME, Shelly Midesia, M.Si, dan Juli Dwina Puspita Sari, M.Bus (ADV), menyajikan artikel berjudul “The Efficiency of Zakat Management in Baitul Mal (An Approach to Data Envelope Analysis).” Artikel ini fokus pada efisiensi manajemen zakat oleh Baitul Mal, bersama strategi untuk meningkatkan efisiensi dalam menggali potensi zakat di masa depan.

Terakhir, mahasiswa Hidayatul Fitriani bersama dosennya Rafiza Zuliani, M.Sh, dan Tajul ‘Ula, M.Si, menghadirkan artikel “Literacy Analysis Of Consumer Interest In Using Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) At Islamic Banks,” yang menganalisis literasi keuangan dan minat masyarakat dalam menggunakan Qris pada Bank Syariah.

Dekan FEBI IAIN Langsa, Dr. Muhammad Amin, MA, menyatakan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah signifikan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan kemampuan akademis dalam menyajikan hasil riset secara global.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FEBI IAIN Langsa, Dr. Safwan Kamal, menekankan pentingnya upaya ini dalam mencapai akreditasi unggul, yang salah satu syaratnya adalah diseminasi hasil penelitian pada level internasional.

Kamal berharap kolaborasi semacam ini terus dilakukan guna meningkatkan kualitas akademik FEBI IAIN Langsa.(b12)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *