Komputer Error, Ujian CAT PPK Aceh Tamiang Sempat Molor

- Aceh
  • Bagikan
Komputer Error, Ujian CAT PPK Aceh Tamiang Sempat Molor

KUALASIMPANG (Waspada): Pelaksananaan ujian tertulis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu Serentak 2024 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) milik KPU RI sempat molor akibat sistem mengalami error, Selasa (6/12).

Pelaksanaan ujian sistim CAT yang digelar di tiga lokasi yaitu di SMP Negeri 1 Karang Baru, SMK Negeri 1 Karang Baru dan SMK Negeri 2 Karang Baru pada jadwal di setiap sekolah pada pukul 09.30 – 10:00, aplikasi CAT milik KPU RI tersebut mengalami error.

Sementara dari tiga lokasi tersebut untuk CAT SMP Negeri 1 Karang Baru masih dapat berjalan, namun tidak maksimal bahkan untuk titik lokasi ini ada penambahan waktu selama 20 menit.

“Aplikasinya tidak berfungsi dengan baik, kita tidak mengetahui secara pasti apakah setiap soal yang sudah dikerjakan tersimpan atau tidak. Saat kita klik simpan, loadingnya lama dan kotak nomor soal sudah hijau, apa itu tersimpan atau tidak, untuk mengerjakan soal selanjutnya ya klik kotak nomor soal selanjutnya,” sebut salah satu peserta yang enggan disebut namanya di SMP Negeri 1 Karang Baru.

Akibat kejadian ini dirinya berharap kepada pihak penyelenggara KIP Aceh Tamiang untuk meninjau ulang dengan ke KPU RI agar ujian CAT PPK di SMP Negeri 1 Karang Baru juga dapat diulang seperti di lokasi SMK Negeri 1 Karang Baru dan SMK Negeri 2 Karang Baru yang dibatalkan. “Aplikasinya tidak stabil, jadi mohon dibatalkan seperti dua lokasinya,” pintanya.

Sementara di SMK Negeri 2 Karang Baru dengan jumlah peserta ujian CAT milik KPU RI yakni sebanyak 46 orang juga mengalami error. Dari 46 peserta tersebut banyak tidak dapat mengerjakan soal dan ketika berhasil loading, aplikasi mengalami lelet dan kembali down.

Kemudian, dari 46 peserta dengan durasi 90 menit tersebut hanya beberapa peserta yang dapat mengerjkan 30 soal dan kebanyak dari peserta hanya dapat mengerjkan soal 1 – 5 soal selebihya aplikasi CAT milik KPU RI mengalami down.

Untuk CAT di SMK Negeri 2 Karang Baru pihak KIP Aceh Tamiang menyampaikan kepada peserta bahwa CAT dibatalkan dan dilanjutkan, Rabu (7/12) pada pukul 09.30 – 10:00. Hal itu juga diberlakukan pada lokasi ujian di SMK Negeri 1 Karang Baru.

Sehubungan dengan tersebut Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim mengatakan, aplikasi CAT PPK tidak dapat berjalan maksimal bahkan mengalami error.

Ishak menjelaskan, untuk itu pihaknya berkoordinasi dengan KIP Aceh dan KPU RI perihal yang dialami oleh peserta ujian tertulis PPK dengan menggunakan sistem CAT agar dapat ditinjau ulang dengan tujuan agar peserta tidak merasa dirugikan dengan sistem yang mengalami error.

Kemudian Ishak menyampaikan, untuk dua lokasi masing – masing di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Karang dengan jadwal gelombang 1 pukul 09.l:30 – 10:00 dibatalkan. Sementara di SMK Negeri 1 gelombang 2, dan 4 tetap dilanjutkan.

“Peserta di SMK Negeri 1 Karang Baru terdiri dari dua kelas dengan masing – masing kelas terdiri dari 25 peserta, untuk gelombang 1 yang terdiri dari dua kelas, satu kelas dibatalkan karena mengalami error begitu juga dengan gelombang 3 satu kelas dibatalkan,” ujarnya seraya mengatakan, Rabu (7/12) besok akan dijadwalkan kembali sesuai dengan jadwal dan tempat yang sama.

“Peserta yang dibatalkan dan dilanjutkan pada jadwal yang sama dilakukan agar tidak ada peserta yang merasa dirugikan dengan kendala sistem yang dialami,” sebut Ishak.

Ishak mengatakan atas nama penyelenggara dan mewakili KPU RI memohon maaf atas ketidaknyamanan peserta ujian tertulis PPK untuk Pemilu Serentak 2024 dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan aplikasi yang mengalami eror. (b15).

FOTO: Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang Ishak Ibrahim saat memantau kegiatan ujian tertulis sistem CAT di SMK Negeri 2 Karang Baru, Selasa (6/12). Waspada/ Yusri

  • Bagikan