Kualitas Perencanaan Pengaruhi Keberhasilan Pembangunan

- Aceh
  • Bagikan
Asisten III Sekdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM dan Camat Darul Kamal Subhan SE MM foto bersama dengan undangan serta peserta Musrenbang RKPK tingkat Kecamatan Darul Kamal tahun 2025 di Peukan Biluy, Senin (25/3). (Waspada/Ist)
Asisten III Sekdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM dan Camat Darul Kamal Subhan SE MM foto bersama dengan undangan serta peserta Musrenbang RKPK tingkat Kecamatan Darul Kamal tahun 2025 di Peukan Biluy, Senin (25/3). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Besar Bidang Adminstrasi Umum Jamaluddin mengatakan, kualitas suatu perencanaan akan sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah pembangunan.

Demikian disampaikan Jamaluddin dihadapan perwakilan masyarakat gampong se-Kecamatan Darul Kamal yang menjadi peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Besar tahun 2025 di Peukan Biluy, Kecamatan Darul Kamal, Senin (25/3).

“Perlu digarisbawahi bahwa kualitas perencanaan sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan, oleh karena itu peran bapak dan Ibu dalam proses perencanaan ini sangat diharapkan, supaya betul-betul dapat melahirkan usulan prioritas bersama dengan baik dan tepat,” ujarnya.

Asisten III ini juga menyampaikan, Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan juga untuk mendapatkan saran dan masukan dalam proses penyusunan RKPD tahun 2025 nanti. “Maka untuk itu, Tim dari Bappeda Aceh Besar akan menfasilitasi kerja-kerja dari tiga kelompok kerja, baik Pokja Sarana dan Prasarana, Pokja Sosial Budaya maupun Pokja Ekonomi dan Ketenagakerjaan,” terangnya.

Sementara Camat Darul Kamal Subhan, mengatakan masyarakat melalui perwakilan gampong (desa) yang diutus oleh para Keuchik (kades) berkomitmen untuk merumuskan langkah-langkah strategis pembangunan baik ditingkat gampong maupun di tingkat Kecamatan.

“Para perwakilan gampong yang hadir sebagai peserta musrenbang tingkat kecamatan ini, telah memiliki komitmen bersama untuk melahirkan program yang dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Darul Kamal,” tegasnya.

Subhan juga menyebutkan, program yang akan dibahas dalam prioritas usulan kecamatan diantaranya terkait sarana jalan sebagia akses penting masyarakat, peningkatan kapasitas aparatur gampong serta pengadaan alat pertanian dan infrastruktur pertanian lainnya untuk petani.

Selain itu, Camat Darul Kamal juga mendukung gerakan nasional swasembada pangan, karena didaerah yang ia pimpin memiliki potensi lahan pertanian produktif.

“Kita memiliki lahan potensial pertanian sebagai modal swasembada pangan, namun untuk itu, kita meminta dukungan Kabupaten untuk mendukung pembangunan sektor pertanian baik inftkratruktur maupun persoalan ketersediaan air,” harapnya agar masyrakat Darul Kamal bisa terus berbenah untuk kemajuan masa depan dengan menjawab semua tantangan yang ada.

Turut hadir pada Musrenbang RKPK tingkat Kecamatan Darul Kamal, Perwakilan Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Dinas Syariat Islam, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Forkopimcam Darul Kamal, Kepala Puskesmas dan Ketua TP PKK Darul Kamal. (b05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *