Kuta Barat Sabang Juara Ke-3 KIP Tingkat Nasional

- Aceh
  • Bagikan
Tampak dalam gambar Ketua Komisi Informasi Pusat, Doni Yusgiantoro menyerahkan penghargaan kepada Kechik Kura Barat, Muhammad Hamin pada acara anugrah Keterbukasn Informasi Publik di istana Wakil Presiden RI. (Waspada/ist)
Tampak dalam gambar Ketua Komisi Informasi Pusat, Doni Yusgiantoro menyerahkan penghargaan kepada Kechik Kura Barat, Muhammad Hamin pada acara anugrah Keterbukasn Informasi Publik di istana Wakil Presiden RI. (Waspada/ist)

SABANG (Waspada): Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang Provinsi Aceh, berhasil meraih juara ketiga Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa l tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung l Ketua Komisi Informasi Pusat Doni Yusgiantoro kepada Keuchik Kuta Barat Muhammad Hamin, pada acara Anugrah Keterbukaan Informasi Publik Desa, di istana Wakil Presiden, Selasa (19/12/2023).

Dalam kesempatan itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Keterbukaan Informasi Publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, dan merupakan salah satu penentu keberhasilan program program reformasi birokrasi.

Penganugrahan ini hendaknya menjadi pendorong dan penyemangat bagi seluruh Badan Publik untuk terus berbenah karena kebijakan terkait Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan di Undang-Undang harus dilaksanakan secara komulatif baik di pemerintah pusat sampai ke pemerintah desa.

“ Saya meyakini bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi dan tujuan akhirnya ialah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat” tambahnya.

Kuta Barat Sabang Juara Ke-3 KIP Tingkat Nasional

Sementara itu Ketua Informasi Pusat Doni Yusgiantoro mengatakan, tahun 2023 ini Badan Publik yang masuk kategori “informative” naik secara signifikan dari tahun 2022, yaitu dari 122 Badan Publik menjadi 139 Badan Publik.

Hasil pemeringkatan ini bukan hanya dimaknai sebagai ajang kontestasi, tapi harus dimaknai sebagai tolak ukur implementasi Keterbukaan Informasi di Indonesia, ujar Doni Yusgiantoro .

Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi, menjelaskan, keberhasilan Gampong Kuta Barat ini, diraih setelah melalui rangkaian penilaian dan kunjungan vistasi oleh Tim Penilai yakni Komisi Informasi Pusat, serta Kementerian Desa dan PDT, yang didampingi Komisi Informasi Aceh (KIA) beberapa waktu yang lalu. Gampong ini dinilai layak masuk 3 besar nasional, karena aspek keterbukaan informasi publik di desa ini sudah berjalan dengan sangat baik.

“Alhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan dan proses, akhirnya Gampong Kuta Barat mampu bersaing dengan daerah di seluruh Indonesia, dan membawa kebanggaan bagi Kota Sabang dan Aceh umumnya. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras aparatur desa, dengan pendampingan yang diberikan KIA secara berkelanjutan,” kata Pj Wali Kota Sabang.

“Prestasi diraih Gampong Kuta Barat ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi desa-desa lainnya di Kota Sabang untuk berpacu dalam membangun keterbukaan informasi publik. Sehingga mampu mendorong partisipasi masyarakat menuju terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang transparan dan lebih baik lagi ke depannya,” harap Reza Fahlevi.

Keucik Kuta Barat Sabang, Muhammad Hamim usai menerima penghargaan mengatakan, penghargaan yang diberikan pada Gampong Kuta Barat ini sangat luar biasa sehingga sangat membanggakan bagi masyarakat Aceh, terutama kota Sabang. Terima kasih kepada semua pihak terkait yang mendukung dan berpartisipasi sehingga Gampong Kuta Barat mampu bersaing di tingkat nasional dan masuk ke 3 besar regional wilayah barat kategori Pemerintah desa yang informatif.

“ Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih hari ini. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja semua masyarakat gampong Kuta Barat, dan InsyaAllah kita akan terus memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kedepan semakin baik,”ujar M Hamim. (b18)

  • Bagikan