Lagi, Pemko Sabang Terima Penghargaan Smart city 2023

- Aceh
  • Bagikan
Lagi, Pemko Sabang Terima Penghargaan Smart city 2023
Sekdako Sabang, Andri Nourman bersama pejabat kota lain foto bersama usai menerima penghargaan. (Waspada/Ist)

SABANG (Waspada): Pemerintah Kota Sabang menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima penghargaan Smart City 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Penghargaan ini diberikan kepada 50 kabupaten/kota yang berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas, yang diharapkan dapat menjawab tantangan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus memaksimalkan potensi masing-masing wilayah.

“Penghargaan ini jadi kebanggan kita bersama, sekaligus motivasi bagi Pemerintah Kota untuk terus semangat memajukan Kota Sabang dengan program-program unggulan yang telah direncanakan melalui gerakan Smart City,” kata Sekretaris Daerah Kota Sabang Andri Nourman, Minggu (10/12).

Lagi, Pemko Sabang Terima Penghargaan Smart city 2023

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Kominfo RI Budi Arie Setiadi kepada Sekretaris Daerah Kota Sabang Andri Nourman, dalam ajang Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City tahun 2023, yang digelar di ICE BSD Tanggerang, Banten, pada Kamis 7 Desember 2023.

Andri Nourman menjelaskan, melalui program smart city, Pemerintah Kota Sabang dibimbing untuk menyusun sebuah rencana pembangunan komprehensif berbasis enam dimensi kota cerdas, mulai dari smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment.

“Kota Sabang sendiri terpilih setelah menjalani assesment pada tahun 2022. Kemudian, kita melalui tahap seleksi dari tim penilai, dan menjalani serangkaian proses bimbingan serta pendampingan sebanyak 4 tahap untuk memperkuat berbagai aspek menuju kota cerdas, sesuai dengan keunggulan, potensi dan tantangan yang ada di sini,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Sabang mengatakan, akan terus mendorong seluruh OPD dalam memaksimalkan dan melahirkan program inovasi, serta mendukung langkah Dinas Kominfo Kota Sabang dalam melakukan percepatan dalam mempersiapkan Kota Sabang menuju kota cerdas.

“Smart city ini adalah wadah bagi kami Pemko Sabang untuk terus mengembangkan potensi dan mengangkat citra pariwisata daerah. Kita pastikan inovasi program yang telah dirancang dalam master plan smart city dapat terealisasikan dengan baik dan akan berdampak positif bagi masyarakat,” tambah Andri Nourman. (b18)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *