Linmas Harus Netral Saat Bertugas Di TPS

- Aceh
  • Bagikan
Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra saat penandatanganan berita acara serah terima Satlinmas dari Pemkab Aceh Tamiang kepada Polres Aceh Tamiang dan Polres Langsa dalam apel siaga pada Jumat (9/2) di lapangan tribun kantor bupati setempat. (Waspada/Yusri)
Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs Asra saat penandatanganan berita acara serah terima Satlinmas dari Pemkab Aceh Tamiang kepada Polres Aceh Tamiang dan Polres Langsa dalam apel siaga pada Jumat (9/2) di lapangan tribun kantor bupati setempat. (Waspada/Yusri)

ACEH TAMIANG (Waspada): Sebanyak 1826 orang personel Satlinmas yang tersebar di setiap kampung dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang diminta untuk bekerja secara profesional dan netral pada saat melaksanakan tugas di TPS dalam rangka penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggara Pemilu 2024.

Demikian ditegaskan Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra saat memimpin apel siaga Satlinmas Pemilu 2024 se-Kabupaten Aceh Tamiang pada Jumat (9/2) di lapangan Tribun Kantor Bupati setempat.

“Satlinmas punya tugas vital dalam pemilu, yakni garda terdepan pengamanan pemilu di TPS bersama TNI dan Polri, ” tegas Drs Asra seraya mengatakan, Pemilu adalah saat di mana suara rakyat menjadi bermakna dan tugas kita adalah memastikan bahwa setiap warga negara, khususnya masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang, dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman, damai, dan bebas dari segala bentuk intimidasi.

Pj Bupati Asra menekankan, sebagai petugas pengamanan Pemilu, baik pengamanan langsung dan pengamanan tak langsung Pemilu 2024 ini, Satlinmas diminta tetap menjaga netralitas dan profesionalismenya, serta menghindari keterlibatan dalam praktik politik praktis dalam Pemilu ini.

“Kami berharap kiranya para petugas memiliki jiwa netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas, sebab netralitas adalah kunci utama dalam menjalankan tugas pengamanan pemilu,” tegasnya dan menyampaikan, Satlinmas adalah pilar keamanan yang harus dikenal sebagai pihak yang netral, tanpa adanya kecenderungan atau preferensi politik tertentu.

Pj Bupati Asra meminta seluruh anggota Satlinmas yang bertugas mampu membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan seluruh unsur penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.

Disebutkannya,Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melibatkan 1.826 orang personil Satlinmas sebagai pengamanan langsung, 150 orang personel pengamanan tak langsung Satlinmas yang tersebar di 913 TPS dan 1 TPS Khusus dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Lanjutnya, dalam Pemilu Serentak 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari pekan depan, Satlinmas memiliki tugas pokok membantu penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilu.

Dalam pelaksanaan apel siaga Satlinmas didahului dengan penandatanganan berita acara serah terima Satlinmas dari Pemkab Aceh Tamiang kepada Polres Aceh Tamiang dan Polres Langsa, yang ditandatangani oleh Pj Bupati Asra bersama Kapolres Aceh Tamiang AKBP M. Yanis dan Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah. Selama pelaksanaan pemilu nantinya, para petugas Satlinmas akan dikoordinir oleh pihak kepolisian setempat.(b15).

  • Bagikan