Mantan Bendahara Baitul Mal Agara Tersangka Dugaan Korupsi Dana ZIS

- Aceh
  • Bagikan
Mantan Bendahara Baitul Mal Agara tersangka kasus dugaan korupsi Dana ZIS. Waspada/Ist
Mantan Bendahara Baitul Mal Agara tersangka kasus dugaan korupsi Dana ZIS. Waspada/Ist

KUTACANE (Waspada): Mantan Bendahara Pelaksana Baitul Mal kini ditetapkan menjadi tersangka
atas kasus dugaan korupsi dana ZIS oleh Kejari Aceh Tenggara, Selasa (5/12).

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara, Erawati SH MH, melalui pers rilisnya, Selasa (5/12), mengatakan pihaknya kembali menetapkan satu tersangka baru kasus korupsi dalam perkara penyalahgunaan dana ZIS tahun 2021.

“Dana ZIS yang dipergunakan untuk pembangunan 70 unit rumah layak huni yang senilai Rp3,5 miliar, telah terjadi penyimpangan dan ditemukan kekurangan volume,” katanya.

Mantan Bendahara Baitul Mal Agara Tersangka Dugaan Korupsi Dana ZIS

Selain tidak sesuai dengan standar spesifikasi yang tidak memasangkan ring balok pada bangunan tersebut, ditemukan juga, pemotongan dana yang diterima oleh penerima bantuan.

Dana yang sebesar Rp50 juta untuk satu unit rumah yang disalurkan melalui rekening penerima bantuan tersebut, dilakukan pemotongan senilai Rp12,7 juta. Pemotongan itu, dilakukan oleh Bendahara Badan Pelaksanaan di instansi tersebut.

“Tim penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara, menetapkan saudara JE selalu Bendahara Badan Pelaksanaan yang terlibat dalam perkara penyalahgunaan dana yang salurkan,” sebutnya.

Bendahara Badan Pelaksanaan Baitul Mal, JE, terlibat langsung dalam proses pemotongan dana yang ditarik melalui rekening milik penerima bantuan.

“Dana yang disetorkan oleh penerima bantuan terhadap dirinya, kemudian diserahkan kepada tersangka SA, (tersangka utama mantan Ketua Baitul Mal Agara yang telah ditetapkan sebelumnya),” jelasnya.(cseh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *