Musrenbang Kota Langsa Optimalisasi Penguatan Ekonomi

- Aceh
  • Bagikan
Musrenbang Kota Langsa Optimalisasi Penguatan Ekonomi
Sekdakot Langsa, Said Mahdum Majid saat membuka Musrenbang tahun 2025 Pemko Langsa, di Aula Cakra Donya Kota Langsa, Kamis (7/3). Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada) : Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Langsa tahun 2025 menuju optimalisasi penguatan ekonomi melalui optimalisasi potensi sumber daya daerah yang harus mampu mendongkrak pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Pj. Wali Kota Langsa Syaridin, SPd, MPd, yang diwakili oleh Sekda Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid saat membuka Musrenbang, di Aula Cakra Donya Kota Langsa, Kamis (7/3).

Menurut, Said Mahdum Majid, agenda yang dilaksanakan pada hari ini adalah merupakan lanjutan dari pelaksanaan Forum Konsultasi Publik dan Forum Organisasi Perangkat Daerah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kota Langsa tahun 2025.

“Maka oleh karena itu, saya mengharapkan kepada kita semua untuk dapat memahami prioritas pembangunan yang ingin kita capai pada tahun 2025,” ungkapnya.

Selanjutnya, sebagaimana gambaran yang telah disampaikan terkait dengan fokus pembangunan, ada beberapa pandangan diantaranya.

Pertama, kita harus optimis, penguatan ekonomi melalui optimalisasi potensi sumber daya daerah harus mampu mendongkrak pertumbuhan PDRB.

Kedua, reformasi birokrasi harus menunjukkan prestasi penyelenggaraan pemerintahan, efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran serta stabilitas keamanan harus memberikan rasa aman dan kondusif kepada masyarakat dalam beraktivitas.

Musrenbang Kota Langsa Optimalisasi Penguatan Ekonomi

Ketiga, sumberdaya manusia yang produktif, berkualitas dan berdaya saing harus menunjukkan keberhasilan setidaknya dari pencapaian target standar pelayanan minimal.

Keempat, pembangunan mental berwawasan kultural harus mampu membawa kita dan generasi muda Kota Langsa berakhlak mulia.

Kelima, perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup harus mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan jauh dari pencemaran serta ketahanan bencana harus sigap dalam merespon kejadian bencana.

Ia sampaikan bahwa sangat memahami, saudara sekalian memiliki harapan serta gambaran kondisi ideal yang ingin dicapai kedepan untuk Kota Langsa yang kita cintai ini. Akan tetapi, sesuai dengan dinamika yang terjadi saat ini kita harus lebih jeli untuk melihat, memprioritaskan dan menyelaraskan isu-isu strategis yang berkembang.

“Harapan saya kepada seluruh organisasi perangkat daerah untuk terus meningkatkan kinerja dan berupaya secara optimal, jangan sampai keterbatasan kemampuan keuangan, membuat kita minim prestasi dalam menyelenggarakan pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Said.

Kemudian pada kesempatan itu juga, pihaknya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Langsa mengharapkan dukungan pendanaan dari Pemerintah Provinsi Aceh.

“Jangan sampai pembagian kewenangan menjadi penghalang bagi kita untuk saling mendukung dalam rangka pencapaian target yang telah kita tetapkan, dikarenakan keberhasilan pemerintah provinsi merupakan agregat keberhasilan pemerintah kab/kota,” urainya.

Hadiri Ketua DPRK Langsa, Polres Langsa, Kodim 0104/Aceh Timur, Ketua MPU, MAA, MPD, Baitul Mal, BUMN/BUMD, Kepala OPD, badan, camat, pimpinan parpol, Ormas, LSM dan lainnya. (crp)

  • Bagikan