PA Pimpin Perolehan Suara Dapil II Pidie-Pijay

  • Bagikan
Partai Aceh masih menunjukkan tajinya pada Pemilu 2024 dengan memimpin peroleh suara tertinggi. Waspada/Muhammad Riza
Partai Aceh masih menunjukkan tajinya pada Pemilu 2024 dengan memimpin peroleh suara tertinggi. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Partai Aceh (PA) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya (Pijay), di bawah pimpinan H Sarjani Abdullah dan Aiyub Abbas, masih menunjukkan performa gemilang dalam Pemilu 2024.

Bahkan, mereka saat ini menduduki posisi teratas dalam perolehan suara sementara untuk kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) daerah pemilihan (Dapil) Aceh. Data sementara hasil Pemilu Legislatif yang ditampilkan di website resmi real count pemilu 2024 kpu.go.id Pidie, Selasa (20/2) menunjukkan Partai Aceh, berhasil meraih 7.463 suara.

Dari angka tersebut, Caleg Partai Aceh yang paling tinggi mengumpulkan suara adalah, Tgk Anwar Ramli sebanyak 1.899 suara, Tgk Aiyub Abbas 1.628 suara, Bahtiar alias Madon berjumlah 1.537 suara, dan Mahfuddin Ismail 1.066 suara.

Selain Partai Aceh (PA), pada Pemilu Legislatif 2024, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mulai menunjukkan performanya. Partai politik (Parpol) yang dipimpin Calon Wakil Presiden (Cawapres) 01, Muhaimin Iskandar ini membayang-bayangi perolehan suara PA di Dapil II Pidie dan Pidie Jaya, sesuai data yang diperoleh Waspada di laman website resmi real count pemilu 2024 kpu.go.id Pidie

PKB berada di urutan kedua perolehan suara sementara, dengan jumlah 3.108 suara. Hingga saat ini Caleg PKB Dapil II Pidie dan Pidie Jaya yang berhasil mengumpulkan suara terbanyak adalah Hery Ahmadi dengan jumlah 1.754 suara.

Di posisi ketiga diraih Partai Golkar dengan perolehan suara sementara 2.822 suara. Caleg Partai Golkar Dapil II yang meraih suara tertinggi sementara Khalid yang berhasil mengumpulkan angka berjumlah 1.112 suara. Di posisi keempat Partai Adil Sejahtera Aceh (PAS) dengan angka 2.604 suara, Tgk Rasyidin Caleg dari PAS ini mampu mengumpulkan suara sementara sebanyak 839 suara.

Sedangkan pada posisi kelima muncul Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan angka sebanyak 2.498 suara, dengan caleg suara tinggi Ihsanuddin, dengan perolehan sebanyak 1.797 suara. Disusul di urutan keenam Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan 2.225 suara, Caleg PAN, Hasan Basri mampu mengumpulkan nilai 1.842 suara.

Di posisi ke tujuh ada Partai Gerindra meraih 2.127 suara. Khairil Syahrial Caleg dari P Gerindra sementara ini meraih nilai tertinggi dengan jumlah angka sebanyak 1.084 suara, disusul Partai Demokrat di urutan kedelapan dengan torehan angka sementara 2.084 suara, H Dalimi, Caleg dari PD mampu mengumpulkan suara tertinggi dengan jumlah nilai 1.117 suara.

Selanjutnya, di urutan sembilan Partai NasDem memperoleh suara sementara berjumlah 2.055 suara, dengan caleg Syahrul Nurfa yang berhasil mengumpulkan sebanyak 793 suara, dan peringkat ke 10 PKS dengan jumlah angka 1.119 suara, dengan caleg suara terbanyak Tgk Makhyaruddin Yusuf 584 suara.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara dan Wakil Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Pidie Azhari Budiman, Selasa (20/2/2024) mengatakan, saat ini pihaknya selaku penyelenggara pemilu di daerah itu masih melakukan perhitungan suara di tingkat kecamatan. Keempat kecamatan itu adalah Indrajaya, Kembang Tanjong, Peukan Baro dan Delima. “Hari ini, PPK di Kecamatan Glumpang Baro melakukan rekap suara terhadap caleg DPRA dapil 2II,” jelasnya.

Dia lalu menyebutkan, sebelumnya sebelas kecamatan telah lebih dahulu merekapitulasi suara yaitu Glumpang Baro, Glumpang Tiga, Padang Tiji, Mutiara Timur, Kota Sigli, Pidie, Mutiara, Tangse, Batee, Sakti dan Simpang Tiga. (b06)

  • Bagikan