Pameran Di Museum Islam Samudera Pasai, Tingkatkan Ekonomi Warga

  • Bagikan
Pameran Di Museum Islam Samudera Pasai, Tingkatkan Ekonomi Warga
Panitia sedang mempersiapkan lokasi Expo Samudera di lokasi Museum Kerajaan Islam Samudera Pasai, Kecamatan samudera, Aceh Utara. Waspada/Ist

LHOKSUKON (Waspada) : Seratusan UMKM dari Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe akan mengikuti pameran pembangunan di lokasi Museum Islam Samudera Pasai Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Expo Samudera selain memperkenalkan situs sejarah, juga untuk meningkatkan ekonomi warga di kawasan bekas Kerajaan Samudera Pasai.

Sekretaris Expo Samudera Dr. Bukhari, MA Kepada Waspada, Kamis (13/7) menjelaskan, Expo Samudera juga untuk memperkenalkan produk UMKM dari Kecamatan Samudera. “Sekitar 70 UMKM dari Kecamatan Samudera telah mendaftar,” jelas Bukhari. Panitia memilih lokasi Museum Samudera Pasai, sekaligus untuk memperkenalkan sejumlah situs sejarah Keraam Islam kepada masyarakat.

Selain itu, tidak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat makam Sutanah Nahrasyiah. Situs sejarah tersebut selama ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan luar daerah dan wisatawan dari negara-negara Islam. Pameran dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 24 sampai 29 Juli 2023.

Selain UMKM dari Kecamatan Samudera, Expo Samudera juga diisi dengan stand dari luar daerah. Mereka merupakan stand milik pengusaha Aceh yang telah sukses di Medan dan Jakarta. “Insya Allah, beberapa warga Aceh di luar daerah juga ikut berpartisipasi,” jelas Dr. Bukhari, MA.

Pada siang hari, masyarakat bisa melihat langsung hasil UMKM dari Samudera. Selain itu, juga bisa melihat peninggal sejarah Kerajaan Samudera Pasai di Museum. Di lokasi tersebut juga terdapat Monumen Samudera Pasai yang berdiri megah. Sedangkan pada malam hari, panitia mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).(b08)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *