Panwaslih Aceh Singkil Perketat Pengawasan Proses Rekapitulasi Surat Suara

- Aceh
  • Bagikan
Ketua Panwaslih H Syamsul Arifin didamping Komisioner KIP Edi Sugianto saat menerima kunjungan Pj Bupati Drs Azmi dan Kajari Singkil Munandar, saat pleno rekapitulasi surat suara di Kantor Kecamatan Gunung Meriah baru-baru ini. WASPADA/Ariefh
Ketua Panwaslih H Syamsul Arifin didamping Komisioner KIP Edi Sugianto saat menerima kunjungan Pj Bupati Drs Azmi dan Kajari Singkil Munandar, saat pleno rekapitulasi surat suara di Kantor Kecamatan Gunung Meriah baru-baru ini. WASPADA/Ariefh

SINGKIL (Waspada): Ketua Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Singkil memastikan, pihaknya telah melakukan pengawasan ketat terhadap proses rekapitulasi surat suara, mulai di tingkat kecamatan hingga di tingkat kabupaten.

Untuk proses rekapitulasi surat suara di kecamatan telah tuntas dilaksanakan, dan menyusul akan dilaksanakan rekapitulasi di tingkat kabupaten oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil, yang akan dimulai Jumat besok.

Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil H Syamsul Arifin dikonfirmasi Waspada, Kamis (29/2) mengungkapkan, proses rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten akan dimulai, Jumat (1/3/2024) besok.

“Rekapitulasi akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jumat sampai dengan, Minggu 3 Maret 2024,” sebutnya.

Lebih lanjut katanya, pleno hasil perhitungan rekapitulasi surat suara ini direncanakan akan tuntas dilaksanakan selama 3 hari kedepan, jika tidak ada mengalami kendala saat pelaksanaannya nanti.

Sebelumnya, pihaknya terus melakukan pengawasan secara intens, baik oleh petugas Pengawas TPS sebanyak 374 orang, 33 orang Panwaslih Kecamatan, serta Panwaslih Kabupaten, terhadap jalannya tahapan Pemilu di Kabupaten Aceh Singkil.

Baik sejak awal pencalonan, pengawasan pemasangan APK, pembersihan APK sampai dengan minggu tenang dan tahapan pemungutan suara di TPS.

Hingga berlangsungnya pleno di tingkat kecamatan dan menyusul di tingkat kabupaten, besok, terang Arifin.

Sejauh ini katanya monitoring yang dilakukan petugas pengawasan, termasuk pelaksanaan pleno di kecamatan berjalan dengan baik, lancar dan aman.

Meskipun, ada sedikit mengalami kendala dilapangan, namun telah diselesaikan bersama, sesuai dengan mekanisme dan aturan.

Kita harapkan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten bisa berjalan dengan aman dan lancar, dan para petugas tetap menjaga kesehatannya, ucap Arifin.

Sementara itu untuk jadwal Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Jumat 1 Februari 2024, dimulai dari Kecamatan Simpang Kanan, Danau Paris dan Kota Baharu.

Kemudian jadwal hari kedua, 2 Februari 2024, Kecamatan Singkohor, Suro Kuala Baru dan Kecamatan Singkil.

Hari ketiga, Minggu 3 Februari 2024, Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat, Gunung Meriah dan Kecamatan Singkil Utara. (B25)

  • Bagikan