Pasca Pemilu, Harga Sembako Stabil

  • Bagikan
Harga sembako pasar tradisional masih stabil dan khususnya di pasar pagi Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/2). (Waspada/Ist)
Harga sembako pasar tradisional masih stabil dan khususnya di pasar pagi Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/2). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Pemilu serentak sudah selesai digelar pada 14 Februari 2024. Pesta demokrasi itu pun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga sembako di Kabupaten Aceh Besar.

Harga sembilan bahan pokok (Sembako) di sejumlah pasar tradisional masih stabil dan khususnya di pasar pagi Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/2).

Harga beras dan bawang masih normal belum ada kenaikan setelah selesai Pemilu 2024 digelar.

Berdasarkan kunjungan kepasar pagi Keutapang yang di lakukan team Media Center Aceh Besar Harga cabe mengalami kenaikan yang lumayan besar dari harga biasa Rp40.000 per kilogram naik ke Rp50.000.

Pasca Pemilu, Harga Sembako Stabil
Pedagang di pasar pagi Keutapang, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/2). (Waspada/Ist)

Farida, salah satu pedagang sayur saat di wawancara menyampaikan cabe dan kentang ada mengalami kenaikan harga. Kata dia cabe setelah pemilu naik lumayan dari biasanya empat puluh ribu rupiah perkilo naik menjadi lima puluh ribu rupiah perkilonya.

“Kentang juga sedikit naik dari Rp12 ribu menjadi Rp15 ribu perkilonya, minyak makan naik dari Rp16 ribu menjadi Rp17 ribu dan untuk harga bawang masih normal,” jelas Farida.

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kabupaten Aceh Besar Trizna Darma ST, saat di konfirmasi menyampaikan kenaikan harga beberapa bahan pokok ini disebabkan beberapa hal, salah satunya ketersediaan stok dan angkutan.

“Beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, seperti cabe karena stok barang dilapangan karena kemarin antusias masyarakat mengikuti pemilu hingga stok cabe tidak banyak,” jelas Trisna.

Selain itu, tambahnya, angkutan yang tidak beroperasi normal seperti biasanya dihari pemilu juga menjadi salah satu faktor naiknya harga walau sangat tipis.

Sementara itu suasana pasar terlihat tidak terlalu sibuk dan tampak lengang ketika di kunjungi tim media center Aceh besar di pukul 09:00 WIB pagi tadi. (b05)

  • Bagikan