LANGSA (Waspada.id): Mempercepat pemulihan pelayanan air bersih pascabanjir yang melanda wilayah Kota Langsa, Wakil Wali Kota Langsa, Muhammad Haikal Alfisyarin, ST bersama Direktur Perumda Air Minum Tirta Keumuneng turun langsung ke lokasi hulu Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Pondok Keumuneng, Senin (1/12/2025).
Direktur Perumda Tirta Keumuneng Langsa, T Faisal SH mengatakan, kunjungan Wakil Wali Kota Langsa, Muhammad Haikal Alfisyarin, ST untuk memastikan sungai Krueng Langsa tepatnya bendungan intake terdampak seberapa parah dan proses pemulihan dapat berjalan cepat, tepat, dan sesuai kebutuhan di lapangan.
Sebelumnya, jelasnya, instalasi sempat beroperasi sekitar satu jam pada pagi hari. Namun, aktivitas produksi kembali terhenti akibat konsleting/kerusakan pada gardu PLN yang berada di area pusat instalasi dan sebelumnya sempat terendam banjir.

“Sejak pagi, tim teknis PLN telah berada di lokasi untuk menelusuri titik gangguan, namun proses pencarian dan perbaikan memerlukan waktu cukup lama mengingat kondisi lapangan yang terdampak dan rusak parah,” jelasnya.
Melihat situasi tersebut, tambah T Faisal, pihaknya melakukan koordinasi langsung ke PLN bersama Wakil Wali Kota Langsa, Muhammad Haikal Alfisyarin, ST guna mempercepat langkah penanganan.
“Melalui koordinasi ini, PLN kemudian menurunkan Unit Gardu Bergerak (UGB) sebagai solusi sementara agar suplai listrik ke instalasi dapat dipulihkan lebih cepat,” tukasnya.
Sementara Kabag Teknik Perumda Tirta Keumuneng Langsa, Samsul Bahri, ST menambahkan, saat ini, proses penyambungan dan penormalan kelistrikan melalui UGB masih berlangsung. Setelah sistem kembali aktif, IPA akan segera memulai proses penyadapan air baku dari Sungai Krueng Langsa.
“Proses pengolahan air baku hingga menjadi air bersih diperkirakan memerlukan waktu sekitar tiga jam sebelum dapat disalurkan melalui jaringan perpipaan kepada masyarakat Kota Langsa,” imbuhnya.
Saat proses pengolahan selesai, lanjutnya, diperkirakan malam ini distribusi air sudah dapat dimulai secara bertahap melalui WTP 2 terlebih dahulu, kemudian disusul oleh WTP lainnya.
Ia juga mengimbau masyarakat agar bijak dalam menggunakan air bersih, sehingga ketersediaan air dapat menjangkau seluruh pelanggan, termasuk yang berada di ujung jaringan perpipaan agar juga kebagian air bersih.
“Perumda Tirta Keumuneng menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesabaran pelanggan dan seluruh warga yang terdampak, serta perhatian Wakil Wali Kota Langsa yang telah melakukan mediasi langsung dengan pihak PLN,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada tim PLN atas upaya dan solusi yang diberikan dalam menghadapi situasi darurat ini. Perumda memastikan bahwa upaya percepatan pemulihan terus dilakukan secara maksimal agar layanan air bersih dapat kembali normal dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Untuk perkembangan lebih lanjut, Perumda Tirta Keumuneng akan terus memberikan informasi resmi melalui saluran komunikasi yang tersedia. IG :
@langsa_perumdaam, FB: @perumdaamtklangsa, Tiktok : @langsaperumdam,” pungkasnya. (id74)












