PC NU Langsa Buka Kran Kaderisasi

- Aceh
  • Bagikan
PC NU Langsa Buka Kran Kaderisasi
Ketua panitia, Rahmat Hidayat ST yang juga Wakil Sekretaris di PCNU Kota Langsa. Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada): Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Langsa membuka kran pendaftaran pelaksanaan kaderisasi dasar yaitu Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU).

Ketua panitia, Rahmat Hidayat, ST, kepada wartawan, Senin (18/12) menjelaskan, pelaksanaan kaderisasi merupakan salah satu implementasi dari amanah Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama dalam Keputusan Konferensi Besar NU Tahun 2022 di Jakarta, 19-21 Syawal 1442 H/ 20-22 Mei 2022 M. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Masa Khidmat 2022-2027.

Pemberitahuan ini termaktub dalam pengajuan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Langsa kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Jakarta Nomor: 025/A.I.01/XI/2023 yang ditandatangani langsung oleh Ketua PCNU Kota Langsa Tgk. Jarimin dan Sekretaris Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA.

Hal ini untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kaum muslimin dan warga Nahdliyyin Kota Langsa dalam mensyiarkan Islam Ahlussunnnah Waljamaah an Nahdliyyah yang rahmatan lil Alamin.

“Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Langsa akan menyelenggarakan PD-PKPNU (Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak NU) angkatan I di Aula Kampus IAIN Langsa selama tiga hari pada tanggal 25 s.d 27 Desember 2023 mendatang,” kata Rahmat yang juga Wakil Sekretaris di PCNU Kota Langsa.

Penyelenggaraan kaderisasi ini akan berbasis pada aplikasi kader baru bernama Sistem Informasi Kader Nahdlatul Ulama (Siskader NU). 

PC NU Langsa Buka Kran Kaderisasi
Sekretaris PCNU Kota Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA yang juga Rektor IAIN Langsa.Waspada/Rapian

Sementara itu Sekretaris PCNU Kota Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA mengimbau kepada seluruh pengurus PCNU dan MWCNU se-Aceh pada umumnya dan Kota Langsa khususnya, para dosen dan guru, pegawai Kemenag dan KUA serta seluruh warga Nahdliyyin yang telah melakukan pendaftaran kaderisasi untuk segera melakukan koordinasi dengan tim panitia terkait administrasi dan perlengkapan yang harus dipersiapkan dapat dilihat dalam player resmi kegiatan.

Terkait dengan persiapan, ada beberapa ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh peserta, misalnya mengisi formulir secara online, upload KTP, menyertakan rekomendasi dari PCNU Asal domisili/atasan tempat bekerja.

“Adapun ketentuan umum misalnya keharusan bagi peserta pria berpeci hitam baju putih, celana panjang dan bersarung selama kegiatan adapun bagi Wanita berbaju Muslimah warna putih rok hitam, membawa perlengkapan shalat, baju olahraga, kebutuhan mandi serta obat-obatan pribadi,” ungkap Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA yang juga Rektor IAIN Langsa itu.

Senada Sekretaris Panitia Junaidi MPd.I, sekaligus wakil Syuriyah PCNU Kota Langsa menambahkan, saat ini panitia sedangkan melakukan perpanjangan pendaftaran sampai dengan 23 Desember 2023, hal ini mengingat masih banyak dari berbagai lembaga dan masyarakat yang berminat untuk ikut dalam pengkaderan tersebut tapi belum mendaftar.

Masih katanya, atas dasar tersebut maka dilakukanlah perpanjangan waktu pendaftaran. Bagi yang ingin mendaftar menjadi calon peserta PD-PKPNU bisa langsung melalui link pendaftaran peserta:https://www.s.id/PCNUKOTALANGSA.

PC NU Langsa Buka Kran Kaderisasi
Ketua PCNU Kota Langsa Tgk. Jarimin.Waspada/Rapian

“Peserta akan diberikan sarana penginapan dan konsumsi pagi, siang dan malam selama 3 hari mengambil beberapa ruangan di kampus IAIN Zawiyah Cot kala Langsa lokasi dimana kegiatan PD-PKPNU akan digelar.

Untuk diketahui PD-PKPNU sangat penting diikuti semua kalangan atau jama’ah NU. Dengan kegiatan PD-PKPNU para kader NU akan mendapatkan materi dari para instruktur pusat di PBNU dan Instruktur wilayah dari PWNU berupa penguatan wawasan keislaman dan kebangsaan serta penguatan akidah ahlussunnah wal jamaah.

Dengan penguatan itu maka akan menjadi langkah yang cukup kuat untuk menangkal berbagai ideologi dan gerakan yang akan merongrong NKRI. Tujuan PD PKPNU agar seluruh jajaran pengurus khususnya dan warga serta jamaah segera mendapatkan pelatihan yang nanti kita harapkan berfungsi meningkatkan derajat kapasitas dari pengurus NU mendatang.

“Peserta yang lulus mengikuti PD-PKPNU diberikan sertifikat kelulusan sebagai bukti sudah mengikuti PD-PKPNU sebagai jenjang pengkaderan dasar di NU. Peserta yang sudah dinyatakan lulus diharapkan dapat meningkatkan khidmatnya dalam mengembangkan NU di lingkungan masing-masing untuk masa sekarang dan akan datang,” tandasnya. (crp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *